Temanggung Belum Terapkan PTM 100 Persen

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Pemerintah Kabupaten Temanggung belum menerapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) 100 persen kendati telah ada Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri dan memasuki PPKM level II.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Temanggung Agus Sujarwo mengatakan alasan belum diterapkan PTM 100 persen karena masih melakukan evaluasi secara menyeluruh. “Kami masih evaluasi, penetapan PTM 100 persen juga nanti pada Bupati Temanggung,” kata Agus Sujarwo, Kamis (12/05/2022).

Agus Sujarwo mengatakan harapan besar PTM 100 persen dapat dilaksanakan di Kabupaten Temanggung. Tidak hanya Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olah Raga yang mempunyai keinginan, namun juga wali siswa dan siswa secara keseluruhan.

PTM 100 persen, katanya akan mendapatkan kualitas belajar mengajar dan transfer keilmuan dari pendidik pada siswa yang lebih baik dibanding dengan pembelajar sistem daring.

Dikatakan ada persyaratan untuk boleh menerapkan PTM 100 persen. Maka itu saat ini sedang dievaluasi apakah di Temanggung bisa menerapkannya, hasilnya semoga bisa segera diketahui.

Hasil evaluasi, dikemukakan akan disampaikan pada Bupati Temanggung selaku penentu kebijakan. Bupati yang akan menentukan yang terbaik untuk kemajuan pendidikan di Temanggung.

Dikatakan pelaksanaan pendidikan harus pula memperhatikan bahwa kini masih dalam suasana Pandemi Covid-19. Yakni pengendalian paparan Covid-19 di dunia pendidikan.

Seperti diketahui Mendikbudristek, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri menerbitkan SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 yang turut mengatur pembelajaran tatap muka atau PTM 100 persen.

Disebutkan di SKB tersebut penyelenggaraan PTM dilaksanakan berdasarkan level PPKM yang ditetapkan pemerintah pusat dan capaian vaksinasi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK), serta warga masyarakat lanjut usia (lansia).

Diantara isinya, bagi satuan pendidikan yang berada pada PPKM Level 1 dan Level 2 dengan capaian vaksinasi PTK di atas 80 persen dan lanjut usia (lansia) di atas 60 persen, diwajibkan menyelenggarakan PTM 100 persen setiap hari dengan jam pembelajaran (JP) sesuai kurikulum.

Kemudian, Bagi yang capaian vaksinasi PTK di bawah 80 persen dan lansia di bawah 60 persen juga diwajibkan menyelenggarakan PTM 100 persen setiap hari dengan durasi pembelajaran paling sedikit 6 JP. Temanggung sendiri saat ini berada di PPKM Level 2. (Osy)

BERITA REKOMENDASI