Temanggung kejar Vaksinasi Anak, Target Dua Minggu Selesai

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Komando Distrik Militer (Kodim) 0706 Temanggung membantu percepatan vaksinasi Covid-19 pada anak usia 6 – 11 tahun di kabupaten tersebut. Ditarget dalam dua minggu kedepan, 70 ribu anak yang menjadi sasaran di daerah tersebut telah mendapat vaksin Covid-19. Saat ini capaian vaksinasi baru 26 persen.

Dandim 0706 Temanggung Letkol Czi Kurniawan Hartanto mengatakan sesuai perintah pimpinan TNI terutama Kapolri dalam dua minggu ini bisa mencapai 100 persen. “Kami menarget dua minggu mendatang bisa kelar atau semua anak usia 6-11 tahun sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19,” kata Kurniawan Harnato, disela pemantauan vaksinasi di SD Santa Maria, Kamis (06/01/2022).

Disampaikan Kurniawan Hartanto, percepatan vaksinasi pada anak usia 6 – 11 tahun di Kabupaten Temanggung dikerjakan oleh TNI, Polri dan Dinkes. Terinci, TNI dan Polri masing-masing 10 ribu anak, dan Dinas Kesehatan 50 ribu anak.

Kodim 0706 Temanggung, ungkap dia mendapatkan alokasi vaksin 20 ribu dosis. Dosis tersebut untuk vaksinas dosis pertama dan kedua.

Dikatakan meski sasaran prioritas anak usia 6 – 11 tahun tetapi jika ada remaja dan orang umum yang mendaftar untuk vaksinasi tetap diperbolehkan. “Pagi melayani vaksinasi anak-anak. Sedangkan remaja atau masyarakat yang belum bisa dilayani mendapatkan vaksinasi setelah,” kata dia.

Dikatakan vaksin yang digunakan Sinovac jadi memang bisa untuk semua golongan baik anak-anak, remaja dan orang tua. Pada vaksinasi ini, petugas langsung datang ke sekolah-sekolah.

Dikemukakan sekolah yang telah didatangi untuk vaksinasi antara lain SDIT Cahaya Insani dan SD Santa Maria. Sedankan untuk Jumat di SD Sidoarjo Candiroto sedangkan pekan depan sudah mendapat sasaran di sekitar wilayah Kecamatan Kedu dan Temanggung.

Dikatakan sejauh ini pelaksanaan vaksinasi pada anak berjalan lancar tidak ada penolakan dari orang tua. Mereka justru mendorong agar anaknya segera mendapatkan vaksinasi Covid-19, sehingga bisa lekas mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM).

Kepala Sekolah SD Santa Maria, Anastasia Susana Wati mengatakan siswa di SD Santa Maria dan TK Ade Irma Suryani sebanyak 97 siswa. Sejauh ini mereka senang, sukarela mendaftarkan diri untuk ikut vaksinasi karena. “Orang tua berharap anaknya segera mendapatkan vaksinasi agar bisa PTM,” kata dia. (Osy)

BERITA REKOMENDASI