Tembang dan Perang, Novel Cerita Panji yang Siap Go Internasional

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Junaedi Setiyono, sastrawan Kabupaten Purworejo, kembali membuat gebrakan dengan novel berjudul Tembang dan Perang. Novel yang mengangkat kisah Cerita Panji itu bahkan bersiap go internasional. Novel sedang diterjemahkan dalam bahasa Inggris dan akan diedarkan di Amerika Serikat dan Kanada pada tahun 2021 mendatang.

Novel itu pun mulai dikenalkan ke publik nusantara lewat webinar yang diselenggarakan Dewan Kesenian Purworejo (DKP) dengan pembicara utama Prof Dr Ir Wardiman Djojonegoro, Kepala Balai Bahasa Jateng Dr Ganjar Harimansyah MHum, dan Dosen Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UGM Dr Sudibyo MHum. Novel karya pengajar Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Purworejo (UMP) itu mendapat apresiasi tinggi dalam webinar itu.

Junaedi mengatakan, novel itu mengangkat kisah Panji-Angreni Palembang. Cerita itu dipilih karena menurut Prof Poerbatjaraka, dikatakan sebagai kisah terbaik dibandingkan Cerita Panji lainnya.

Ia mengaku menginginkan konsep novel yang berbeda dengan tidak terlalu mengangkat kisah Sekartaji sebagai pasangan hidup Panji. “Kemudian, saya juga mengangkat tokoh kecil untuk mendapat porsi besar dalam cerita novel, yakni tokoh pengawal Kebotendas dan mbok emban bernama Sumbita,” katanya kepada KRJOGJA.com, Kamis (17/12).

BERITA REKOMENDASI