Temuan Candi di Dusun Cangaan Diteliti

TEMANGGUNG (KRjogja.com) – Balai Arkeologi (Balar) Yogyakarta segera turunkan tim untuk meneliti temuan candi di Dusun Cangaan Desa Karanggedong Kecamatan Ngadirejo Temanggung. Dugaan awal candi yang ditemukan ditengah persawahan itu merupakan peninggalan zaman Mataram Hindu.

Seorang peneliti Balar Yogyakarta Sugeng Riyanto MHum, Minggu (6/11/2016) mengatakan Balar telah menerima surat dari Pemerintah Kabupaten Temanggung yang berisi ada penemuan benda-benda  berupa bebatuan yang membentuk kemuncak sebuah candi hindu di sebuah persawahan di lereng Gunung Sindoro masuk Dusun Cangaan Desa Karanggedong Kecamatan Ngadirejo Temanggung. Benda-benda itu ditemukan petani saat mencangkul untuk penanaman komoditas pertanian.

"Surat sudah diterima, Balar segera diterjunkan tim untuk meneliti temuan candi," katanya.

Dia mengatakan dalam surat dari Pemkab Temanggung itu juga disertai foto-foto. Dilihat dari foto tersebut kesimpulan awal benda-benda itu membentuk kemuncak sebuah candi dan bentuknya telah relatif sempurna dibanding dengan temuan di Situs Liyangan. Benda tersebut menyerupai benda-benda serupa yang ditemukan di sekitar wilayah itu, sehingga dugaan awal peninggalan zaman Mataram Hindu meski begitu pihaknya tidak berani memberi statemen lebih jauh sebab diperlukan penelitian yang mendalam.

Tugas tim, katanya hanya meneliti pada tahap awal, belum sampai ekskavasi sebab membutuhkan perencanaan yang mendalam termasuk mempersiapkan sumberdaya seperti pembiayaan dan tenaga ahli. " Nanti benda-benda diteliti dari bentuk, materi yang digunakan, dan meninjau lokasi temuan," katanya.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Temanggung Didik Nuryanto mengatakan telah melaporkan temuan kemuncak candi pada Balar dan BPCB untuk kemudian akan ditindaklanjuti dengan penelitian. Hanya saja untuk ekskavasi dimungkinkan masih jauh, sebab diperlukan perencanaan yang matang dan detail. " Yang terdekat akan ditinjau dan ada penelitian permulaan," katanya.

Dia mengatakan, berdasar temuan, benda yang ditemukan membentuk struktur kemuncak candi yang menunjukkan ciri-ciri candi hindhu. Sehingga bisa diduga candi yang ditemukan itu adalah peninggalan zaman hindhu. Struktur bangunan sendiri sangat mirip dengan candi Pringapus yang berada di Dusun Pringapus atau tidak jauh dari Dusun Cangaan.

Menurutnya, temuan kemuncak candi itu semakin menguatkan bahwa sisi timur lereng Gunung Sindoro, yang kini menjadi Kabupaten Temanggung merupakan salah satu pusat peradaban pusat dan pusat pemerintahan. " Temuan kemuncak ini, menambah khasanah budaya di Temanggung, dan kuatkan daeah ini pusat pemerintahan," katanya

Dia tidak ada aktivitas penggalian setelah ada temuan kemuncak. Warga menunggu keputusan dari pemerintah, sebab penggalian bisa dikategorikan perusakkan benda yang di lindungi negara dan masuk pelanggaran hukum. Sementara Pekab Temanggung menunggu keputusan dari Balar dan BPCB. (Osy)

 

BERITA REKOMENDASI