Tentang Cipta Kerja Tambah Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Editor: Ivan Aditya

MAGELANG, KRJOGJA.com – Turunnya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Keja, menambah daftar program jaminan sosial ketenagakerjaan yang menjadi hak para pekerja, jaminan sosial tersebut adalah program Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP). Jaminan tersebut akan dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) yang tentunya memang didirikan untuk menangani Jaminan Sosial yang berhubungan dengan hak para pekerja di seluruh Indonesia.

Webinar tersebut digelar secara marathon selama 2 hari yaitu tanggal 4 dan 5 Agustus 2021 kemarin, dengan mengundang setidaknya ada 200 perusahaaan yang tersebar di wilayah Kedu Raya, dengan tujuan memberikan sosialisasi kepada para HRD perusahaan terkait dengan program JKP sesuai dengan PP No.37 Tahun 2021 serta Permenaker No.5 Tahun 2021.

Pada webinar tersebut turun hadir para pejabat dari BPJamsostek Magelang antara lain Budi Santoso Kepala Kantor Cabang, dan Ellia Kustantini Kepala Bidang Pelayanan, serta dari Dinas Tenaga Kerja Kota Magelang, Rokim, SH Kepala Bidang Hubungan Industrial.

Dalam sambutannya, Budi Santoso menjelaskan bahwa program JKP tersebut merupakan program yang sangat bagus yang diberikan pemerintah melalui BPJamsostek kepada para pekerja di seluruh Indonesia, tentunya bagi para pekerja yang mengalami PHK.

“Adanya PP 37 Tahun 2021 dan Permenaker No.5 Tahun 2021 ini tentunya akan menambah program jaminan sosial pemerintah yang akan kita kelola, yang mana tujuan kami adalah memberikan pelayanan terbaik kepada peserta serta menjadi jembatan bagi kesejahteraan pekerja sesuai tagline institusi kami,” jelas Budi.

Program tersebut juga akan dibiayai oleh Pemerintah dengan komposisi iuran sebesar 0,46% dari upah perbulan yang dilaporkan kepada BPJamsostek, yang mana terdiri dari pendanaan Pemerintah dan Sumber Pendanaan JKP BPJamsostek. (Bag)

BERITA REKOMENDASI