Tepas Pawicara, Ajang Bertukar Pikiran Para Penggiat Wisata di Wonosobo

Editor: Ivan Aditya

WONOSOBO, KRJOGJA.com – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Wonosobo meresmikan ‘Tepas Pamicara’, yaitu sebuah agenda khusus yang difungsikan sebagai ruang ajang bertukar pikiran para pelaku dan penggiat wisata di daerah dalam menggali setiap permasalahan untuk dicari solusi jalan keluar demi pengembangan dan kemajuan sektor pariwisata di Wonosobo.

Agenda Tepas Pamicara diresmikan Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat ditandai dengan penyerahan potongan tumpeng oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Wonosobo Agus Wibowo di Kantor Disparbud setempat, Jumat (11/06/2021).

Selain dihadiri para pelaku dan penggiat wiata, agenda Tepas Pawicara juga menghadirkan akademisi dan praktisi kepariwisataan M Elvan Kaukab yang juga pengurus Oemah Wisata Wonosobo.

Kepala Disparbud Wonosobo Agus Wibowo, mengungkapkan bahwa agenda Tepas Pawicara ini juga bertujuan untuk menyamakan persepsi dalam membangun sinergitas antara pemerintah daerah dan penggiat kepariwisataan untuk membangun pariwisata yang berkualitas.

Menurutnya, pembangunan pariwisata harus dimaknai sebagai satu kesatuan antara dinas dan semua pelaku wisata utamanya yang ada di Wonosobo. Untuk menuju ke arah itulah, maka dibutuhkan ruang khusus berdiskusi mencari akar permasalahan untuk menemukan solusi dan langkah-langkah konkrit dalam memajukan sektor pariwisata di daerah.

Para penggiat dan pelaku pariwisata di Wonosobo menyambut baik gagasan Tepas Pawicara ini. Para penggiat dan pelaku wisata sangat menyadari, bahwa pembangunan dunia wisata haruslah di lakukan secara bersama-sama antara pemerintah, swasta dan masyarakat, sehingga perlu adanya forum khusus seperti ini.

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat, menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas terselenggarannya kegiatan Tepas Pawicara ini. Kegiatan ini diharapkan sebagai langkah awal sekaligus sebagai ajang saling tukar pikiran, sekaligus menampung dan mencari akar permasalahan serta mencari solusi tentang kepariwisataan di daerah. Pada akhirnya sektor pariwisata Wonosobo dapat lebih maju dan berdaya saing.

Menurut Bupati, sinergitas antara pemerintah daerah dan penggiat pariwisata adalah hal yang sangat urgent untuk dilakukan. Perlu disadari bahwa kemajuan sektor pariwisata secara otomatis akan berdamapak terciptanya pertumbuhan ekonomi di bidang pariwisata yang akan memberikan jaminan kesejahteraan bagi para pelaku dan penggiat wisata, serta masyarakat sekitar. Termasuk memberikan dukungan terhadap pendapatan asli daerah (PAD).

“Kami berterima kasih dan menyampaikan apresiasi atas terselwnggaramya kegiatan ini. Sinergitas pemerintah daerah dengan penggiat pariwisata harus terus dilakukan. Kalau perlu kegiatan digelar secara rutin dengan tema menyesuaikan kebutuhan. Prinsipnya, kita harus sigap dalam memperhatikan setiap aspek dalam dunia pariwisata,” ujar Bupati. (Art)

 

BERITA REKOMENDASI