Terbangkan Balon Udara Ilegal, 4 Pelaku Terancam 2 Tahun

Menurutnya, penerbangan balon udara ilegal tersebut bukan hanya membahayakan aktivitas penerbangan, tetapi juga menjadi ancaman serius jika sampai menutup kabin pilot pesawat atau masuk mesin pesawat. Apalagi langit-langit di Jawa Tengah merupakan jalur sentral yang memiliki aktivitas penerbangan sangat padat.

“Kami mengajak masyarakat pecinta balon udara tradisional di Wonosobo untuk menerbangkan balon udara dengan cara ditambatkan menggunakan tali yang kuat, sehingga tidak mengganggu dan membahayakan aktivitas penerbangan. Dalam hal ini, kami tidak melarang budaya penerbangan balon udara, tetapi penerbangan ilegal yang dilarang,” ungkapnya.

Disebutkan, berdasarkan data laporan masuk dari para pilot, selama 2018 lalu terdapat 112 laporan adanya balon udara berada diradius penerbangan. Pada 2019 turun menjadi 59 laporan, dan pada 2020 ini hanya 3 laporan saja. “Hal ini membuktikan bahwa komunitas penggiat balon udara di Wonosobo dan sejumlah daerah lain semakin patuh. Penerbangan balon udara sudah ditambatkan dan tidak lagi lagi dilakukan secara ilegal,” pungkasnya.

BERITA REKOMENDASI