Terdampak Corona, 3.390 Guru Ngaji Terima Bansos

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO (KRJOGJA.com) – Sebanyak 3.390 guru ngaji se Kabupaten Purworejo menerima bantuan sosial (bansos) dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo. Bantuan ini sebagai kepedulian terhadap para guru ngaji yang terdampak covid-19. Bansos secara simbolis diserahkan Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM kepada 16 perwakilan dari seluruh kecamatan.

“Masing-masing menerima bansos sebesar Rp 250 ribu per bulan, yang akan diberikan selama tiga bulan sehingga total yang diterima sebesar Rp 750 ribu,” kata Agus Bastian, usai penyerahan bansos di Ruang Arahiwang Kantor Bupati setempat, Kamis (11/06/2020)

Dikatakan pula, bahwa sejak tahun 2017 Pemkab Purworejo telah memberikan hibah dalam bentuk insentif kepada para guru ngaji. Namun seiring dengan merebaknya pandemi Covid-19 pada awal tahun 2020 ini, hibah terpaksa dialihkan untuk penanganan Covid-19.

“Tapi mengingat peran strategis guru ngaji yang tentunya juga ikut terdampak Covid-19, maka Pemkab tetap mengupayakan bansos kepada guru ngaji,” jelasnya seraya menambahkan, tahun depan, seiring dengan berlalunya pandemi Covid-19, bantuan akan dikembalikan dalam bentuk hibah.

Dikatakan pula, bahwa guru ngaji hakikatnya mengemban misi agung dalam menjaga eksistensi Al Qur’an. Guru ngaji mempunyai kontribusi besar dalam memberantas buta aksara Al-Qur’an sekaligus membina akhlak generasi anak bangsa, termasuk dalam membendung radikalisme. (Nar)

BERITA REKOMENDASI