Terendam Banjir, Sejumlah Ruas Jalan di Purworejo Tersendat

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Sejumlah ruas jalan di Kecamatan Bagelen dan Purwodadi terendam luapan Sungai Bogowonto, Senin (18/3) pagi. Akibatnya akses antarprovinsi dan antarkecamatan di Purworejo tersendat.

Jalan terendam antara lain dilaporkan di Jalan Nasional Purworejo – Yogyakarta, Dusun Karangjambu Desa Dadirejo Bagelen. Jalan kabupaten alternatif penghubung Kecamatan Bagelen – Kecamatan Purwodadi di Jembatan Sembir Desa Bugel Purwodadi.

Relawan Persaudaraan Warga Bagelen (PWB) Kabupaten Purworejo Sarwono mengatakan, air mulai naik di kawasan sekitar Jembatan Sembir pada Minggu (17/3) sore. Genangan terus naik hingga malam hari, sehingga akses ditutup. "Jalan ditutup semalaman, hingga Senin siang. Sekarang ini sudah bisa dilalui," ujarnya kepada KRJOGJA.com.

Kondisi serupa juga terjadi di Jalan Raya Purworejo – Yogyakarta. Air mulai menggenang pukul 19.30 dan terus naik hingga dinihari. Bahkan genangan mencapai kedalaman lebih dari setengah meter. "Kendaraan tidak bisa melintas, pengemudi harus lewat akses alternatif memutar lewat Jalan Daendels atau Magelang," tuturnya.

Namun memasuki Senin pagi, genangan mulai surut, sehingga diberlakukan sistem buka tutup. Antrean kendaraan mengular hingga satu kilometer dari titik genangan. Akses sepenuhnya bisa dilintas pada Senin siang. (Jas)

BERITA REKOMENDASI