Terima Aduan, Pemkab Temanggung Buka Posko Pertembakauan

Editor: Agus Sigit

TEMANGGUNG, KRjogja.com – Pemerintah Kabupaten Temanggung membuka Posko Gugus Pertembakauan untuk menerima berbagai aduan tentang praktek jual beli tembakau yang merugikan petani.

“Kami buka Posko Gugus pertembakauan untuk menerima aduan yang merugikan. Pos ini perlu dibuka sebab seringkali praktek jual beli tembakau merugikan,” kata Bupati Temanggung M. Al Khadziq, Rabu (25/8).

Dia mengatakan kerugian tidak hanya pada pihak masyarakat, tetapi juga pedagang, grader atau pabrik rokok. Pelaku bisa siapa saja yang berhubungan dengan jual beli tembakau, jadi tidak pada satu pihak saja.

Dikatakan pada semua pihak untuk jujur dalam penjualan tembakau rajangan. Petani khususnya hendaknya menjual pada pedagang yang jujur dan bertanggung jawab serta punya kredibiltas baik.

Ciri pedagang tersebut, dikatakana, misalnya tidak meminta ‘angetan’ atau potongan timbangan, menyampaikan hasil timbanan dan penjualan tembakau dan mau langsung membayar ” Jangan transaksi dengan yang hanya mau tawar menawar harga saja, kalau mau membeli langsung dibayar,” kata dia.

Bupati mengingatkan perlunya menerapkan prokes ketat dalam jual beli tembakau seperti memakai masker medis rangkap secara betul, sering mencuci tangan pada air mengalir menggunakan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. ” Uang sebisa mungkin di transfer, ini untuk menghindari kerumunan saat pembayaran di kasir,” kata dia.

BERITA REKOMENDASI