Terinspirasi Jepang, Alun Alun Kebumen Dibersihkan Intensif

Editor: KRjogja/Gus

KEBUMEN KRJOGJA.com – Memiliki ruang-ruang publik yang bersih dan indah merupakan salah satu program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen di bidang lingkungan hidup. Diantaranya, dengan melakukan pembersihan secara intensif terhadap Alun Alun Kebumen yang merupakan ruang publik dan RTH (ruang terbuka hijau) terluas di kota Kebumen.

" Pembersihan intensif terhadap Alun Alun Kebumen dilakukan setiap 'selapan' hari atau 35 hari, jatuh setiap Jum'at Kliwon. Terus terang, kami meniru Jepang dan Perancis, dua negara yang ruang-ruang publiknya benar-benar bersih," ujar Kasi Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkimlh) Kebumen, Alfia Diananita Zulfa MT, di Alun Alun Kebumen, Jum'at (27/09/2019).

Tak hanya disapu, pembersihan juga disertai dengan penggelontoran lantai trotoar dan tempat parkirnya dengan air yang dicampur dengan larutan pembersih. Total dihabiskan sekitar 20 botol cairan pembersih setiap pelaksanaan program ini.

Selain petugas Disperkimlh Kebumen, pembersihan juga dilakukan oleh para petugas Pemadam Kebakaran Satpol PP Kebumen yang menyediakan air dari truk tangki air. Juga, melibatkan puluhan pedagang yang kerap mangkal di Alun Alun Kebumen.

Program ini menurut Alfia merupakan salah satu langkah nyata Pemkab Kebumen untuk mengantisipasi terjadinya kekumuhan di ruang publik Kebumen ini. Sebab, setiap hari puluhan pedagang kaki lima (PKL) yang didominasi pedagang makanan berjualan di trotoar sekeliling Alun Alun.

"Berbagai macam limbah sebagai dampak dari aktifitas berjualan itu kerapkalimerusak keindahan lokasi ini. Ada rencana lokasi lain seperti trotoar-trotoar yang kerap untuk berjualan PKL, juga akan rutin dibersihkan seperti ini," ujar Alfia.

Alfia beberapa waktu lalu dikirim Pemerintah Indonesia ke Perancis dan Jepang untuk belajar tentang lingkungan hidup dan tata cara mengelola lingkungan.

"Namun dalam hal kedisiplinan pengelolaan kebersihan lingkungan saya melihat masyarakat Jepang lebih unggul dibanding negara-negara Eropa," jelasnya. (Dsh)

 

BERITA REKOMENDASI