Terkena Sianida, Ikan di Sungai Tolang Mati

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Ribuan ekor ikan berbagai jenis seperti kathing, wader dan gabus ditemukan mati oleh Tim Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup  (Disperumkimlh) berserta Dinas Kelautan dan Perikanan (Dinlutkan) Kebumen di perairan 
Sungai Tolang Desa Tanjungseto dan Kaliputih Kecamatan Kutowinangun Kebumen.

"Di Laboratorium Lingkungan Disperkimlh dalam sampel ikan yang mati kami temukan racun sianida berdosis 0,1 ppm (part per million). Dosis ini melampaui angka 0,02 ppm atau  batas ambang baku sianida bagi binatang air," ungkap Analis Laboratorium Lingkungan Disperumkimlh Kebumen, Sri Purwahyudi, di ruang kerjanya, Kamis (15/03/2018).

Menurut Purwahyudi dalam penelusuran Tim tersebut beberapa hari lalu di perairan Sungai  Tolang kedua desa itu, ditemukan juga menemukan bangkai ular air dan binatang air lainnya. Penemuan berdasarkan laporan Camat Kutowinangun kepada Disperumkimlh dan Dinlutkan Kebumen yang kemudian menerjunkan tim ke lapangan guna mengetahui penyebab kematian ribuan ikan tersebut.

"Penyusuran kami di perairan Sungai Tolang di Desa Kaliputih ke arah utara sejauh  600 meter hingga jembatan Sungai Tolang di Desa Tanjungseto. Di situ kami menemukan  bangkai ribuan ikan," ungkap Purwahyudi.

Dalam uji laboratorium dianalisa kandungan zat-zat dalam sampel air dan ikan. Dalam sampel air tak ditemukan zat beracun, namun dalam ekstrak tubuh ikan ditemukan racun sianida  berdosis 0,1 ppm. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI