Terkendala Server, UNBK di Purworejo Molor

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) SMP/MTs di Purworejo hari pertama, Senin (23/4/2018), terkendala masalah server. Akibatnya pelaksanaan ujian sesi pertama molor antara 30 menit hingga satu jam dari jadwal.

Gangguan tersebut hampir terjadi di seluruh sekolah dan madrasah penyelenggara. "Ada gangguan, namun bisa cepat teratasi," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Purworejo, Ahmad Kasinu, kepada KRJOGJA.com, disela pantauan UNBK di SMP 25 Purworejo.

Menurutnya, gangguan diperkirakan karena akses yang dilakukan secara bersamaan. Akibatnya terjadi penumpukan arus internet yang menyebabkan kecepatannya melambat.

Meski demikian, molornya pelaksanaan ujian tidak merugika  siswa. Peserta tetap mengerjakan soal ujian sesuai alokasi waktu yang ditentukan. "Durasi waktu yang menghitung adalah sistem komputer, bukan pengawas atau panitia. Waktu dihitung ketika peserta berhasil mengakses soal, jadi anak tidak rugi," terangnya.

Keterlambatan itu juga tidak berpengaruh pada pelaksanaan ujian sesi kedua dan ketiga. Gangguan server, lanjutnya, baru berpengaruh apabila keterlambatan lebih dari satu setengah jam.

Kendati demikian, dinas mengantisipasi gangguan serupa pada pelaksanaan hari kedua dengan berkoordinasi dengan PT Telkom."Kami koordinasi dan Telkom juga ternyata ikut memantau, rencananya Telkom akan menambah kapasitas internet sehingga kecepatannya bertambah," tegasnya.(Jas)

 

BERITA REKOMENDASI