Terminal Bus Kebumen Belum Punya Penyidik

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Terminal Bus Kebumen yang sejak Oktober 2016 dikelola oleh Pemerintah Pusat, memiliki kewenangan untuk menguji kelaikan jalan bus-bus yang masuk ke dalam terminal ini. Namun sayangnya aktualisasi fungsi tersebut sampai Juli 2017 nyaris tak bisa dilakukan karena terminal ini tak memiliki tenaga penyidik.

"Akibat ketiadaan tenaga penyidik di sini, banyak bus tak laik jalan yang masuk terminal ini lolos dari pemeriksaan kami," ujar Kepala Terminal Bus Kebumen, Mukhlisin SSos, di ruang kerjanya,  Senin (17/07/2017).

Sejak pengelolaan terminal ini beralih dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen kepada Pemerintah Pusat pada Oktober 2016 lalu, sampai Juli 2017 baru sekali pengelola terminal ini melakukan uji  kelaikan atau cek ram pada bus-bus yang masuk ke dalam terminal, yaitu pada H – 4 Lebaran 2017 lalu.

"Sayangnya kegiatan cek ram saat itu tak bisa maksimal karena tenaga penguji maupun peralatannya kami pinjam dari Dinas Perhubungan Kebumen. Menghadapi hari H Lebaran 2017 itu petugas Dinas Perhubungan Kebumen sangat sibuk melakukan uji kendaraan di kantornya. Akibatnya, kami tak bisa maksimal dalam kegiatan cek ram saat itu," jelas
Mukhlisin.

Menurut Mukhlisin pengelolaan terminal bus tipe A di daerah yang kini dipegang oleh Pemerintah Pusat semata-mata untuk mengefektifkan pelayanan transportasi umum bagi masyarakat. Diantaranya, memberikan kenyamanan bagi penggunaan bus. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI