Terminal Non Bus Kebumen Segera Dihapus

Editor: Ivan Aditya

KEBUMEN (KRjogja.com) – Terminal Non Bus Kebumen di Jalan Sutoyo Kebumen oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen akan segera dihapus dalam waktu dekat ini, setelah dibongkar dan dibangun menjadi pasar barang bekas/klithikan yang baru. Pasar baru ini nantinya menggantikan Pasar Koplak Dokar Kebumen yang akan dialihfungsikan sebagai ruang terbuka hijau.

"Dengan dibongkarnya terminal yang diperuntukkan sebagai terminal angkutan pedesaan ini, maka terminal angkutan pedesaan dipindahkan ke Terminal Bus Kebumen," ujar Wakil Kepala UPTD Terminal Bus Kebumen, Yoga Prayitno SH di ruang kerjanya, Jumat (05/08/2016).

Penghapusan terminal non bus di Jalan Sutoyo Kebumen tersebut direncanakan direalisasikan di awal 2017 atau bersamaan dengan dialihkannya pengelolaan Terminal Bus Kebumen di Desa Adikarso Kecamatan/Kabupaten Kebumen dari Pemkab Kebumen kepada Kementerian Perhubungan.

"Terminal Bus Kebumen yang merupakan terminal tipe A akan diuntungkan, karena sesuai ketentuan harus memiliki areal khusus bagi angkutan pedesaan. Dengan demikian, bagi penumpang bus yang turun di Terminal Bus Kebumen bisa langsung melanjutkan perjalanan dengan angkutan pedesaan," jelas Yoga.

Menurut Yoga, bila terminal non bus sudah dihapus, maka kendaraan angkutan pedesaan hanya boleh masuk dan melewati jalan-jalan di kota Kebumen sesuai dengan rute masing-masing. Sedangkan aktifitas bongkar muat yang selama ini dilakukan para pedagang di terminal non bus Kebumen, nantinya tidak akan ada lagi. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI