Terpencar, 3 Pendaki Ini Akhirnya Bisa Dievakuasi

TEMANGGUNG (KRjogja.com) – Tiga pendaki wanita di evakuasi Basarnas dan Tim SAR gabungan karena mengalami serangan hypothermia secara mendadak saat dalam pendakian Gunung Sumbing masuk wilayah Kabupaten Temanggung, Senin (14/11/2016).

Komandan Lapangan Regu Basarnas Jawa Tengah, Basuki menyebut ketiga pendaki itu bernama Yuni Purwanti (22) warga Sendang Sari Sleman Jogjakarta, Rahma Fatimullah (21), warga Tirtomartani Sleman Jogjakarta, dan Nurul Dwi Fajariyani (22), warga Perum Batan Serpong Tangerang.

Ketiganya katanya, terserang hypothemia pada saat turun gunung menuju pos empat di jalur pendakian Banaran Kecamatan Tembarak Kabupaten Temanggung bersama tujuh rekan sesama pendaki lain, Minggu (13/11) sekitar pukul 17.00 WIB “Saat mereka turun situasi memang tidak berpihak akibat cuaca buruk,” katanya.

Ditambahkan, meski tergabung dalam rombongan yang sama, namun proses evakuasi yang dilakukan petugas digelar secara terpisah mengingat keberadaan mereka yang terpencar.

Korban pertama atas nama Yuni (22) berhasil di evakuasi pada Senin (14/11/2016) sekitar pukul 03.00 WIB pagi, sementara korban kedua atas nama Rahma (21) dievakuasi dua jam setelahnya. Yakni pukul 05.00 WIB. Sedangkan korban terakhir atas nama Nurul (19) berhasil di evakuasi pukul 13.30 WIB.

“Saat proses evakuasi,  petugas mendapati mereka sudah dalam keadaan lemas. Kemungkinan mereka kelelahan harus bertahan dalam keadaan darurat sebelum sampai pos tujuan,” katanya..

Mereka naik bersama rombongan malam sebelumnya, dan saat turun terserang hypothermia. Teman-temannya kemudian menginformasikan pada petugas, yang selanjutnya dilakukan upaya evakuasi secepatnya.

"Kami sangat berterimakasih pada warga setempat yang cekatan dan turut membantu dalam evakuasi, sehingga jiwa korban dapat terselamatkan," katanya.

Dia menerangkan hypothermia merupakan kondisi medis yang terjadi ketika tubuh seseorang  kehilangan suhu panas dan kemampuannya memproduksi suhu lenyap seketika. Hal ini menyebabkan suhu tubuh menjadi rendah sehingga sangat berbahaya.

"Turunnya suhu tubuh membuat organ jantung, sistem syaraf, dan organ-organ lainnya tidak dapat bekerja secara normal, akibatnya akan kesulitan menggerakan bagian tubuh. (Osy)

 

BERITA REKOMENDASI