Tertarik ‘Sida Kon Banter’, KONI Kebumen Belajar ke Banjarnegara

Editor: Ivan Aditya

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kebumen studi tiru pengelolaan olahraga prestasi di Banjarnegara. Di kabupaten tetangga itu, KONI Kebumen juga mendalami aplikasi Sistem Informasi Data Terpadu ‘Sida Kon Banter’ KONI Banjarnegara.

Kunjungan ke Banjarnegara belum lama ini, dilakukan Ketua KONI Kebumen HD Sriyanto MH bersama sejumlah unsur pimpinan, antara lain Wakil Ketua II Drs Dwi Aries Prambasto MPd, Wakil Ketua III Priyambodo BSc, Sekretaris Umum Dwi Antoro dan Audit Internal H Muh Riyadus Solihin SE MM.

“Kepengurusan KONI Kebumen masa bakti 2020-2004 yang baru beberapa bulan dilantik, butuh belajar dari semua pihak dalam pengelolaan olahraga prestasi, termasuk dengan KONI Banjarnegara,” terang Sriyanto.

Kunjungan KONI Kebumen ke KONI Banjarnegara juga untuk membangun jejaring. Penggunaan anggaran dan pembinaan atlet, ikut menjadi bahasan karena pengurus cabang (pengcab) di KONI Kebumen, tidak jauh berbeda dengan KONI Banjarnegara, termasuk fasilitas olahraga yang ada.

Aplikasi ‘Sida Kon Banter’ menjadi perhatian KONI Kebumen karena memuat semua kegiatan yang berkaitan dengan olahraga, mulai dari atlet, kepengurusan cabang olahraga, hingga prestasi olahraga yang ada di Banjarnegara. “Kami ingin melihat bagimana aplikasi ini digunakan untuk pemusatan data, sehingga nantinya bisa diaplikasikan di KONI Kebumen,” ujar Sriyanto.

Dijelaskan Ketua KONI Banjarnegara, Nurohman Ahong, ‘Sida Kon Banter’ merupakan satu aplikasi sistem informasi data KONI Banjarnegara terpadu. Di dalamnya menyebutkan berbagai cabang olahraga dan prestasi, termasuk data atlet, dan sarana prasarana yang dimiliki oleh setiap cabang olahraga.

Dari aplikasi tersebut, bisa dilihat jumlah riil atlet yang ada, termasuk prestasi dan kejuaraan yang telah diikuti. Menurut Nurohman, data tersebut menjadi bahan evaluasi KONI Banjarnegara dalam menentukan kebijakan anggaran pada setiap cabang olahraga, termasuk target perolehan medali pada setiap event olahraga. (Suk)

BERITA REKOMENDASI