Tes Urin Dilakukan, Razia Narkoba Sasar Ratusan WBP Rutan Purworejo

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Petugas gabungan Polres Purworejo dan Rutan Kelas II B Purworejo menggelar razia narkoba dengan sasaran ratusan warga binaan permasyarakatan (WBP), Minggu (18/8/2019) malam. Petugas mengambil sampel urin 133 WBP, namun tidak ada satupun terindikasi menggunakan narkoba. 

Tim gabungan menggeledah seluruh sel rutan. Mereka meneliti seluruh sudut ruangan dan memeriksa barang milik WBP. Operasi dipimpin Kasat Narkoba Polres Purworejo AKP Suwasana. 

Seluruh warga binaan dikeluarkan dan dikumpulkan di aula Baharudin Loppa. Mereka menjalani tes urin. "Petugas dari Polres yang mengecek urin," ujar Kepala Rutan II Purworejo Lukman Agung Widodo, kepada KRJOGJA.com, disela razia. 

Menurutnya, operasi tersebut dilaksanakan mendadak untuk menghindari kebocoran. Bahkan petugas rutan, katanya, tidak mengetahui jadwal kegiatan tersebut. 

Ditambahkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mencegah peredaran narkoba dan benda terlarang lainnya di dalam rutan. "Tapi alhamdulillah, hasil pemeriksaan semua negatif dari zat narkoba," ucapnya. 

Sementara itu, Kasat Narkoba Polres Purworejo AKP Suwasana mengemukakan, tim gabungan menemukan sejumlah benda terlarang seperti korek api. "Namun tidak ada narkoba atau benda berbahaya seperti senjata tajam," katanya. 

Pihak kepolisian, lanjutnya, tidak akan menolerasi segala bentuk penyalahgunaan narkotika, termasuk di dalam rutan. Rumah tahanan dan lembaga permasyarakatan, katanya, bisa menjadi lokasi peredaran narkoba apabila petugas keamanannya lengah.(Jas)

BERITA REKOMENDASI