Tiba-tiba 134 Sekdes PNS Ditarik Pemkab, Ada Apa?

TEMANGGUNG (KRjogja.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) telah  menarik 134 sekretaris desa (Sekdes) berstatus PNS sejak awal pekan ini. Para Sekdes nantinya akan ditempatkan di sejumlah Satuan Kerja Perangjat Daerah (SKPD) untuk mengisi kekosongan staf di lingkungan SKPD itu.

Namun untuk sementara waktu para sekdes tersebut kini masih ditempatkan di 20 kantor kecamatan  di Kabupaten Temanggung sambil menunggu penerapan Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) yang baru.

"Kalau SOPD para sekdes itu akan dimutasi ke sejumlah SKPD sesuai kebutuhannya, sedangkan SOPD mulai diberlakukan tahun 2017," papar Kepala Bagian Pemerintah Desa Setda Temanggung, M Ramadhon, Kamis (24/11/2016), sambil menambahkan, kekosongan itu diisi oleh pelaksana tugas (Plt) Sekdes.

Untuk mengisi kekosongan sekdes, Pemkab lantas membuka pendaftaran jabatan sekdes sejak Senin (21/11/2016) hingga Minggu (4/12/2016). Menurut Ramadhon, selain kekosongan  akibat penarikan ke pemkab, kekosongan sebanyak 58 sekdes karena sekdes tersebut pensiun, purna tugas dan diberhentikan dengan tidak hormat. Jadi, saat ini ada 192 sekdes yang kosong di seluruh kabupaten Temanggung.

‘’Pengisian jabatan perangkat desa sekdes secara serentak di 192 desa dengan mengacu kepada ketentuan Undang-undang Nomor 6/2014 tentang desa dan Permendagri yang mengaturnya saat ini, untuk kali pertama dilakukan di Kabupaten Temanggung,’’ ujarnya. (Mud)

 

BERITA REKOMENDASI