Tidak Ada Tol dari Bandara NYIA ke Borobudur

MAGELANG, KRjogja.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, membantah informasi yang berkembang di masyarakat terkait rencana akan dibangunkannya jalan tol yang menghubungkan antara Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) dengan Candi Borobudur. 

"Tidak benar itu (pembangunan jalan tol NYIA dengan Borobudur, red). Dari mana informasi itu? Yang benar, kami hanya akan melebarkan jalan provinsi dari bandara di Kulon Progo (NYIA) sampai Borobudur. Jadi tidak ada rencana pembangunan jalan tol di jalur tersebut. Saya sendiri tidak setuju," katanya saat menjadi pembicara dalam 'Indonesia Leader Forum: Economic Preview 2018' di Plataran Borobudur and Resort, Kabupaten Magelang, Kamis (26/10/2017).  

Menurut Menteri Basuki dengan tidak adanya jalan tol di jalur tersebut, maka masyarakat terutama pelaku UMKM tetap akan mendapat memanfaatkannya. "Kita mengarah pada ekonomi kerakyatan, kalau di jalaur itu dibangun tol, usaha masyarakat bisa mati. Ekonomi masyarakat tidak akan berkembang. Banyak kru angkutan barang sendiri, yang menolak adanya pembangunan tol itu," tegasnya.      

Disampaikan, jika pelebaran jalan provinsi antara Kulon Progo-Bolobudur akan dilakukan pada 2018 mendatang. “Selain pelebaran, juga akan dibangun beberapa sudetan. Sudetan itu ada di beberapa titik di wilayah kulonprogo,” tandasnya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI