Tiga Bunga Bangkai Tumbuh di Pager Jurang

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG (KRjogja.com) – Tiga bunga bangkai tumbuh di kebun kopi di Dusun Pager Jurang, Desa Jamusan, Kecamatan Jumo, Kabupaten Temanggung. Tanaman langka yang masuk kategori endemik ini kini menjadi tontonan warga terutama anak-anak sekolah.

Seoran warga, Sumarti (42) mengatakan, bunga Suweg kali pertama di temukan Paikem (60) ibu kandungnya, saat melintas di kebun kopi tidak jauh dari rumah pada Sabtu lalu. Saat itu masih kuncup, tanaman lantas dipindah ke pekarangan rumah dengan alasan takut warga yang akan melihat merusak tanaman kopi.

"Saya yang memindahkan. Agar warga leluasa untuk melihatnya dan tidak merusak tanaman kopi. Saat ini bunga bangkai sudah mekar," katanya.

Tinggi bunga ini, 30 sentimeter dengan diameter 20 sentimeter dan bila malam bau busuknya semakin menyengat. Dia mengemukakan di dusun itu telah beberapa kali ditemukan bunga bangkai.

Seorang siswa, Rama (12) mengatakan senang dapat melihat bunga bangkai yang oleh warga sekitar disebut Suweg. " Ini bunga langka, selama ini hanya melihat di buku, saya suka dapat melihatnya," katanya. (Osy)

BERITA REKOMENDASI