Tiga Desa di Ngablak Jadi Contoh Kawasan Pedesaan

MAGELANG, KRJOGJA.com – Tiga desa di Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, akan dijadikan pilot projek (percontohan) kawasan pedesaan. Ketiga desa itu meliputi, Desa Jogoyasan, Giritengah dan Desa Pandean. Dimana ketiga desa itu, berada di lereng Gunung Telomoyo, Andong dan Merbabu. Yang menarik, ketiganya juga tetangga.

Selanjutnya di tiga desa itu akan dibangun berbagai fasilitas infrastruktur. Diantaranya lapangan desa, gedung pertemuan, puskesmas dan lainnya. “Beberapa instruktur itu akan dibangun disesuaikan dengan tata ruang antar desa tersebut. Cita-citanya, akan membuat desa yang mandiri, sejahtera dan bebas narkoba,” kata Anggota Komisi IX DPR RI, Ir Sudjadi disela-sela sosialisasi master plan kawasan pedesaan di Joglo Ndeso Muntilan, baru-baru ini.

Selain untuk mewujudkan desa mandiri, sejahtera dan bebas narkoba itu, kata Sudjadi, tujuan pembangunan kawasan pedesaan ini juga untuk meningkatkan pengembangan perekonomian wilayah pedesaan melalui pengembagan infrastruktur permukiman pedesaan dan kepariwisataan. “Intinya adalah mendorong pengembangan pedesaan,” ujarnya.

Sedang sasaran dari kawasan pedesaan ini, lanjut Sudjadi, untuk meningkatkan kwalitas lingkungan dan infrastruktur permukiman pedesaan yang mendorong tumbuh dan berkembangnya potensi ekonomi desa melalui sektor pariwisata dan pertanian. “Sasaran utamanya adalah meningkatnya kesejahteraan dan kwalitas masyarakat,” pungkasnya. (Bag)

BERITA REKOMENDASI