Tiga Desa Tanpa Pendaftar Pilkades

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Sebanyak 3 desa nihil pendaftar dan 5 desa lainnya tercatat hanya satu pendaftar untuk Pilkades di Kabupaten Temanggung yang akan digelar Januari 2020. Panitia Pilkades di desa-desa tersebut terpaksa memperpanjang masa pendaftaran.

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Temanggung Agus Sarwono mengatakan sesuai persyaratan pendaftar pilkades dua orang, makanya yang pendaftarnya kurang dari dua bahkan ada yang nihil, untuk diperpanjang. " Perpanjangan pendaftaran sampai 8 November 2019" kata Agus Sarwono, Senin (28/10)

Dikatakan desa yang tidak ada pendaftarnya itu yakni Balerejo, Wates dan Kupen. Sementara yang pendaftarnya hanya satu yakni Jlegong, Kedawung, Kruisan, Jetis dan Jragan. Namun, terangnya, ada yang calon tujuh, yakni di Desa Badran. Mereka akan diuji dengan materai kompetensi ditingkat desa.

Dikatakan Desa Legoksari Kecamatan Tlogomulyo Temanggung akan menggelar Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu karena kades yang menjabat meninggal dengan masa jabatan lebih dari satu tahun. " Pilkades antar waktu beda dengan pilkades regular. Pilkades antar waktu pemilihan dilakukan oleh perwakilan masyarakat," kata dia.

Dia mengatakan pilkades antar waktu cara pemilihan kades tidak satu warga satu suara, melainkan dengan sistem perwakilan. Semisal, perwakilan badan musyawarah desa, tokoh agama, masyarakat, petani maupun pemuda. " Kami mendorong penentuan dengan musyawarah mufakat, tidak perlu pemilu," katanya.

Dia menyampaikan Kades Subakir, meninggal beberapa minggu lalu, dengan masa jabatan yang tersisa sekitar 3 tahun. Sehingga kades terpilih nanti akan menghabiskan masa jabatan. Mereka yang maju di pilkades ini jumlahnya anntara 2-3 calon.

Pemerintah kabupaten katanya menfasilitasi untuk perumusan tokoh dan perwakilan untuk memilih kepala desa. Sejauh ini tidak ada ketentuan berapa jumlah minimal dan maksimal, hanya saja jumlah pemilihnya harus ganjil. Sedangkan dana pilkades dianggarkan dalam APBDes. (Osy)

 

BERITA REKOMENDASI