Tiga Hari, 35 Warga Purworejo Terkonfirmasi Covid

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Warga terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Purworejo kembali bertambah 35 orang dalam tiga hari terakhir, Sebelas orang diantaranya adalah tenaga kesehatan (nakes) yang bekerja di sejumlah fasilitas medis di Kabupaten Purworejo.

Satu pasien pria berusia 69 tahun warga Kecamatan Purworejo, meninggal dunia dalam perawatan tim medis RSUD Dr Tjitrowardojo Purworejo. “Hari Kamis (20/08/2020) kami mendapat laporan sepuluh warga terkonfirmasi Covid berdasar hasil uji swab, sedangkan Jumat (21/08/2020), ada 25 yang dinyatakan positif. Untuk Sabtu ini, tidak ada laporan hasil swab yang masuk ke satgas,” tutur Jubir Satgas Covid-19 Purworejo, dr Tolkha Amaruddin Sp THT, kepada KRJOGJA.com, Sabtu (22/08/2020).

Puluhan pasien itu antara lain berasal dari Kecamatan Loano 9 orang, Purworejo 9, Gebang 7, Kutoarjo 4, Bener 2, Bayan 2, Bruno 1, dan Kemiri 1. Total pasien terkonfirmasi Covid sejak kasus pertama muncul di Purworejo, tercatat sebanyak 337 jiwa.

Sementara jumlah pasien terkonfirmasi yang meninggal bertambah 1 menjadi delapan orang. Sementara 256 dinyatakan selesai menjalani isolasi.

Menurutnya, lonjakan kasus baru itu membuktikan penularan setempat masih terjadi di Purworejo. Sumber penularan semakin sulit dilacak karena tingginya mobilitas masyarakat dan abainya sebagaian warga dalam penerapan protokol kesehatan.

Terkait sebelas nakes terkonfirmasi, lanjutnya, mereka diduga tertular dari pasien yang menjalani perawatan. “Para pasien ini tidak menunjukkan gejala khas, baru ketahuan Covid setelah dirawat inap beberapa hari. Akhirnya nakes yang kontak erat ikut diswab dan hasilnya sebagian sudah keluar,” terangnya.

Dikatakan, cara yang paling efektif mencegah penularan adalah menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Selain itu, warga diimbau meningkatkan daya tahan tubuh dengan konsumsi vitamin dan olahraga secara rutin. (Jas)

BERITA REKOMENDASI