Tiga Juta Pohon Hijaukan Pegunungan Kendeng

Editor: KRjogja/Gus

PATI, KRJOGJA.com – Untuk meminimalkan terjadinya banjir di daerah Pati selatan, perlu adanya reboisasi di  pegunungan Kendeng. Kawasan tersebut dalam kondisi gundul, sehingga perlu segera direvitalisasi.

 

"Jika ada hujan, air langsung turun tanpa tertahan pepohonan. Sehingga sering menyebabkan banjir bandang," ujar Sekda Pati, Ir H Suharyono MM, Selasa (3/12).

Disebutkan, untuk kawasan pegunungan Kendeng seluas 1.400 hektar, akan ditanam  3 juta pohon. "Penanaman bisa dimulai pada musim penghujan, supaya dapat tumbuh dengan baik," ucapnya.

"Kita ingin menyelamatkan pegunungan Kendeng. Hal ini untuk Mewujudkan Kawasan Kendeng yang Makmur dan Ijo Royo-Royo," tegas Sekda Pati.

Dikatakanya lagi, dalam program penyelamatan Pegunungan Kendeng, juga direncanakan agar kawasan Kendeng menjadi tujuan wisata, baik itu wisata alam, agrowisata, maupun wisata religi.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Harian BPBD Provinsi Jateng, Sudaryanto, dari luasan 12.900 hektar Pegunungan Kendeng, 5 ribu hektar diantaranya dalam kondisi kritis. (Cuk)

BERITA REKOMENDASI