Tiga Keluarga di Tlogoguwo Relokasi Mandiri

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Tiga keluarga warga RT 02 RW 06 Dusun Tuksongo Desa Tlogoguwo Kecamatan Kaligesing Kabupaten Purworejo melakukan relokasi secara mandiri. Rumah mereka tidak dapat ditinggali karena berdiri di atas tanah labil dan longsor saat terjadi Siklon Cempaka belum lama ini.

Mereka terdiri atas Sutarman (62) dan istrinya Surtini (55), keluarga Wawan (35) bersama istri Dwi Nurbaeti (30) dan dua anaknya Davina (5) dan Deswa (1), serta keluarga Budiman (50) bersama istri Jumiyati (50) dan anaknya Gunawan (18) serta Aditya (14). Ketiga keluarga itu sementara mengungsi di rumah kerabat. "Kami tidak berani menghuni, tebing di belakang rumah sudah longsor," ujar Surtini, kepada KRJOGJA.com, Rabu (13/12/2017).

Pemilik dibantu warga mulai membongkar tiga bangunan itu. Tiga keluarga berencana pindah ke lokasi setempat yang lebih datar dan aman dari bencana.

Menurutnya, pergerakan tanah tidak hanya membuat tebing belakang rumah longsor. Namun dari informasi petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purworejo, rekahan juga muncul di lereng bukit di sebelah rumah.

Relokasi tidak mengandalkan bantuan pemerintah. Surtini mengaku membangun rumah baru dengan uang dan sisa bahan bangunan dari kediamannya yang lama. "Kebetulan sudah ada tanah, kalau keluarga Budiman malah harus beli tanah," ungkapnya.

Pemerintah baru memberi bantuan logistik untuk korban bencana. Sementara untuk bahan bangunan belum ada. "Sejak bencana, pemerintah salurkan logistik, termasuk pakaian pantas pakai dan selimut," ucap petugas trantib Kecamatan Kaligesing, Sareko.

Dikatakan, pihak kecamatan maish terus melakukan pendataan bangunan yang rusak akibat bencana dan terancam. "Termasuk yang melakukan relokasi mandiri dan yang harus direlokasi juga akan didata," tuturnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI