Tiga Tokoh Bacabup, Empat Tokoh Bacawabup

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Tujuh tokoh muncul dalam penjaringan bakal calon bupati (Bacabup) dan Bakal calon wakil bupati (Bacawabup) yang digelar sejumlah partai politik di Kabupaten Temanggung. Mereka adalah petahana Mulyadi Bambang Sukarno, Tunggul Purnomo, Al Khadzik untuk bacabup, sedangkan bacawabup adalah Rochmad Fauzi, Matoha, Eko Budi Hartono dan Irawan Prasetyadi.

Sekretaris Panitia Penjaringan DPC PDIP Temanggung Susilo Wardono Senin (18/9/2017) mengatakan tokoh yang mendaftar di PDIP pada penjaringan untuk Bacabup adalah Mulyadi Bambang Sukarno (Ketua DPC PDIP dan Bupati), sedangkan posisi Bacawabup adalah Irawan Prasetyadi (Wakil Bupati), Eko Budi Hartono (Camat Temanggung) dan Matoha (Wakil ketua DPRD/Ketua DPC PKB Temanggung).

"Proses penjaringan kini adalah menyampaikan hasil penjaringan pada DPP PDIP untuk mendapat rekomendasi," katanya.

Dia mengatakan semua punya kesempatan dan peluang sama dalam penjaringan. "DPP PDIP akan mempertimbangkan dari segala faktor, semua itu demi kemenangan dan kebaikan rakyat Temanggung. Jadi pihaknya kini menunggu rekomendasi dari DPP, dan apapun hasil dari DPP harus diterima dan dijalankan. " Untuk koalisi, harus berkoalisi. Kami masih kurang dua kursi dari 9 kursi syarat untuk mengusung," katanya

Ketua Desk Pilkada 2018 DPC PKB Kabupaten Temanggung, Muhammad Amin mengatakan tokoh yang mendaftar untuk Bacabup adalah Mulyadi Bambang Sukarno dan Al Khadzik ( pengusaha) , sedangkan Bacawabup yakni Matoha, Eko Budi Hartono. "Pendaftar telah diminta menyampaikan misi dan visi, Sabtu (16/9/2017). Ini agar warga PKB mengetahui dan kenal mereka," katanya.

Dikatakan, setelah penyampaian visi dan misi, berkas-berkas pendaftaran kemudian dikirim ke DPP PKB, melalui DPW PKB Jateng, untuk mendapatkan rekomendasi. DPP juga akan menerjunkan tim untuk survey poluparitas dan elektabilitas calon.

PKB Temanggung berharap, rekomendasi dari DPP tidak terlalu mepet dengan masa pendaftaran di KPU Temanggung yang dimulai 7 Januari 2018 mendatang. Sehingga ada waktu, untuk sosialisasi baik ke internal dan eksternal partai serta dilaksanakanya  deklarasi sebelum didaftarkan di KPU.

"Kami juga perlu koalisi, sebab masih kurang tiga kursi," katanya.

Wakil Ketua DPC PPP Temanggung, Kiai Syarif Yahya menyampaikan ada dorongan dari sembilan kiai yang duduk di Majelis Pertimbangan Cabang PPP Kabupaten Temanggung agar PPP mengusung Ketua DPC PPP setempat Rochmad Fauzi sebagai calon bupati pada Pilkada 2018. Sehingga, PPP tinggal mencari pendamping atau Cawabup.

Ketua Desk Pilkada DPC PPP Temanggung Fatahilah Zaini mengatakan ada 4 tokoh yang mendaftar di PPP. Mereka adalah Bambang Sukarno dan Al Khadzik untuk bacabup. Sedangkan Eko Budi Hartono dan Rohmad Fauzi (ketua DPC PPP) untuk Bacawabup.

"Kami tengah mengirim berkas ke DPP untuk mendapatkan rekomendasi," katanya, sembari mengemukakan PPP punya 5 kursi jadi kurang 4 kursi, sehingga perlu koalisi dengan partai lain pada pilkada mendatang.

Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Temanggung Djoko Yuwono mengatakan aspirasi yang berkembang di internal kader dan pengurus Partai Golkar Temanggung secara umum menginginkan Tunggul Purnomo sebagai cabup dalam Pilkada 2018.

“Belum lama ini, kami mengadakan pertemuan pengurus DPD II Partai Golkar dengan seluruh Pengurus Kecamatan dan oraganisasi sayap partai, mereka berharap Pak Tunggul bisa maju,” kata Djoko.(Osy)

 

BERITA REKOMENDASI