Tiket KA Liburan Natal dan Tahun Baru Terjual 52 Persen

Editor: Ivan Aditya

PURWOKERTO, KRJOGJA.com – Pembelian tiket Kereta Api  (KA) masa angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru (Nataru) 2019 hingga saat ini sesuai dengan tempat duduk yang disediakan. Berdasarkan data terakhir, telah terjual 52 persen sehingga masih tersedia 48 persen. Penjelasan itu disampaikan  Direktur Utama (Dirut) PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro usai melakukan inspeksi jalur kereta api (KA) menjelang angkutan Nataru di lintas selatan Stasiun KA Purwokerto, Rabu (12/12/2018).

Menurutnya inspeksi persiapan angkutan Nataru dilakukan dua arah, di jalur utara ada dan jalur selatan. Inspeksi itu dilakukan untuk memastikan persiapan angkutan Nataru yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019 dapat berjalan dengan baik. "Saya kebagian untuk jalur selatan," ungkapnya.

Dijlelaskan alam persiapan angkutan Nataru semua petugas akan berada di lapangan untuk memastikan semua perjalanan kereta api dapat berjalan dengan baik, aman, lancar dan terkendali. Ia mencontohkan di wilayah Daop 5 Purwokerto, terdapat titik-titik yang dianggap rawan seperti  rawan banjir, ambles maupun rawan longsor.

Berkaitan dengan kondisi titik rawan maka PT KAI akan menempatkan petugas untuk menjaga lokasi-lokasi itu, termasuk di perlintasan sebidang. Bahkan untuk perlintasan sebidang nantinya akan menjadi sangat krusial untuk diberikan perhatian karena kemungkinan akan terjadi kepadatan arus kendaraan di tempat itu.

Pengamanan juga dilakukan di perlintasan yang tidak berpalang pintu. "Kami akan mengerahkan petugas agar bisa mengamankan perjalanan kereta api," jelasnya.

Untuk prediksi kenaikan penumpang pada masa angkutan Nataru 2018 – 2019 jika dibandingkan tahun sebelumnya, ada kenaikan sekitar 4 persen dari 5,1 juta penumpang menuju 5,3 juta penumpang. Prediksi 4 persen berdasarkan tempat duduk yang disediakan. (Dri)

BERITA REKOMENDASI