Tim Kandidat Pilkada Mulai Konsultasi di KPU

Editor: KRjogja/Gus

TEMANGGUNG (KRjogja.com) – Sejumlah tim penghubung dari pasangan calon yang bakal maju pada Pilkada Temanggung 2018 mulai intensif melakukan konsultasi di Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Temanggung.

"Konsultasi itu terutama pada persyaratan bakal calon untuk maju pada pilkada," kata komisioner KPU Kabupaten Temanggung, Arimurti Hendro Wardani, Jumat (5/1).

Dia mengatakan beberapa penghubung yang sudah berkonsultasi adalah tim penghubung dari Heru Ibnu Wibowo pada 2 Januari 2017, Farid Nurrahman (2/1), sedangkan Mulyadi Bambang Sukarno yang merupakan petahana Bupati Temanggung sudah konsultasi dua kali pada 2 Januari dan 3 januari 2018.

"Tim penghubung Muhammad Al Hadziq juga sudah konsultasi," tegasnya.

Dia mengatakan pihaknya belum tahu pihak yang konsultasi itu akan diusung partai apa saja dalam pencalonan nanti. Pihaknya baru mengetahui setelah mereka mendaftar. Pendaftaran sendiri pada 8 – 10 Januari 2018, sementara tahapan pilkada saat ini adalah pengumuman pendaftaran cabup-cawabup yang berlangsung pada 1-7 Januari 2018. 

Dia mengemukakan partai pengusung bakal calon pasangan dalam pilkada Temanggung 2018 harus berkoalisi, karena tidak ada satu pun partai yang bisa mengusung sendiri bakal calon bupati-wakil bupati.

Syarat partai politik yang bisa mengusung calon bupati-wakil bupati minimal memiliki sembilan kursi di DPRD Kabupaten Temanggung, sedangkan pemilik kursi paling banyak di DPRD Kabupaten Temanggung hanya tujuh kursi, yakni Fraksi PDI Perjuangan.

Sementara itu dari pantauan para calon yang bakal maju pilkada Temanggung, kecuali petahana sudah melakukan sosialisasi dengan memasang poster atau baliho gambar mereka di sejumlah titik strategis di wilayah Kabupaten Temanggung. (Osy)

BERITA REKOMENDASI