Tim Pengawas Kurban Temukan Hewan Cacingan

TEMANGGUNG (KRjogja.com) – Tim pengawas ternak kurban Kabupaten Temangung temukan setidaknya empat ekor sapi kurban mengidap penyakit cacing hati atau fasciolosis, di lokasi penyembelihan hewan kurban PHBI Muhammadiyah Ranting Kowangan, Kecamatan Temanggung, Senin (12/09/2016). 

Kasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Hewan Disnakan Kabupaten Temanggung, Drh Nurul Hasanah mengemukakan dua ekor sapi masih dalam penyembuhan sedangkan dua lainnya sebelumnya pernah derita  penyakit cacing hati. "Cacing jenis fasciola hepatica ditemukan tim di bagian organ hati. Kami periksa setelah disembelih," katanya.

Dia mengemukakan organ hati yang terserang penyakit kemudian diamankan untuk dimusnahkan dengan cara dibakar. Sebab, akan membahayakan warga yang mengkonsumsinya. Sedangkan daging lainnya masih layak untuk dikonsumsi.

Dia mengemukakan tim melakukan pemantauan pada 37 titik lokasi penyembelihan di 20 kecamatan yang ada. Tujuannya untuk memastikan daging kurban layak dikonsumsi dan  memenuhi persyaratan, seperti sehat, telah berumur dan tidak cacat.

Dikatakan, tim yang diterjunkan terdiri dari mantri dan dokter hewan, dibantu oleh masyarakat yang telah dilatih untuk mendeteksi kesehatan hewan. Pelatihan pada beberapa waktu lalu, selain mereka juga sudah terlatih dan tiap tahun terlibat. "Masyarakat, terutama takmir masjid telah dilatih memdeteksi kesehatan hewan dan cara menyembelih sesuai syariat Islam," katanya. (Osy)

 

BERITA REKOMENDASI