Tim PORA Kota Magelang dan Kecamatan Dikukuhkan

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) Kota Magelang dan Kecamatan di wilayah Kota Magelang dibentuk dan dikukuhkan, Selasa (23/7/2019). Pengukuhan dipimpin Kepala Divisi Imigrasi Jawa Tengah Ramli HS SE MAP.

Didampingi Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Wonosobo IG Ketut Arief RH, Ramli HS juga mengenakan jaket atribut Tim PORA kepada beberapa perwakilan Tim PORA Kota Magelang dan Kecamatan di Kota Magelang.

Kepada wartawan usai acara pengukuhan, Ramli HS mengatakan kegiatan ini diantaranya untuk menyamakan persepsi bahwa betapa pentingnya dilakukan kegiatan pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan WNA. Kegiatan pengawasan orang asing tidak hanya semata-mata setelah orangnya berada di Indonesia, tetapi pengawasan juga dilakukan sejak orang tersebut masih berada di luar negeri.

Saat yang bersangkutan melakukan perlintasan di tempat pemeriksaan Imigrasi, itu sudah dilakukan pengawasan petugas Imigrasi. Setelah diberikan izin tinggal oleh petugas Imigrasi, mereka masuk ke wilayah Indonesia. "Setelah masuk ke wilayah Indonesia, tugas untuk melakukan pengawasan bukan semata-mata tanggungjawab Imigrasi, tetapi tanggungjawab semua pihak.

Tim PORA di Jawa Tengah yang sudah dibentuk dan dikukuhkan sudah ada 561 tim, yang merupakan tim di 34 Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah, tim provinsi dan 527 tim PORA tingkat Kecamatan. Selasa (23/7/2019) ditambah tim dari Kota Magelang dan kecamatannya.

Sementara itu berkaitan dengan keberadaan WNA di Jateng yang dideportasi selama tahun 2019 ini, dikatakan sejak Bulan Januari 2019 hingga Juni 2019 lalu tercatat ada 70 WNA. Yang terakhir dilakukan Bulan Juni 2019 lalu terhadap seorang WNA dari Yaman. (Tha)

BERITA REKOMENDASI