Tim SAR dan BPBD Gerak Cepat, Waliyono Selamat dari Maut

Editor: KRjogja/Gus

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Seorang penguras sumur, Waliyono (50) warga Dusun Kalidadap Desa Kaloran selamat dari maut. Ia ditolong tim SAR dan BPBD Temanggung saat keracunan didalam sumur milik Sudilah Warga Mengor RT 01 RW 04 Desa Kaloran Kecamatan Kaloran, Kamis (19/11).

Kepala Palaksana BPBD Kabupaten Temanggung Dwi Sukarmei mengatakan petugas mendapat laporan, Waliyono pingsan saat sedang menguras air sumur, Kamis sore. Petugas dengan peralatan lengkap segera menuju lokasi untuk menaikkan korban. ” Saat diperiksa di dalam sumur, korban dinyatakan pingsan karena menghirup CO2,” kata dia.

Keterangan yang dihimpun dari saksi, kata dia, Waliyono diminta menguras sumur milik Sudilah. Ia menguras menggunakan alat sedot. Namun setelah 45 menit, yang terlihat adalah lumpur, sehingga diputuskan turun ke dalam sumur guna mengecek dan membersihkannya.

” Tetapi ketika sampai di dalam sumur, Waliyono pingsan yang diduga keracunan CO2. Korban berhasil diangkat pukul 16.45 untuk dibawa ke RSUD Temanggung,” kata dia.

Dikatakan saat ditemukan didalam sumur, kondisi badannya lemas, terdapat muntah, dan sesak nafas. Korban kini dalam perawatan medis IGD RSUD Temanggung. ” Kami berharap warga berhati-hati saat menguras sumur, sebab bisa jadi keluar gas beracun sehingga sebelum turun pastikan dalam keadaan aman, ” kata dia. (Osy)

BERITA REKOMENDASI