Tinggi Serapan Pupuk Bersubsidi di Purworejo

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Serapan pupuk bersubsidi di Kabupaten Purworejo cukup tinggi. Bahkan tertinggi jika dibanding dengan serapan di kabupaten/kota lainnya di Jawa Tengah.

“Penyaluran pupuk bersubsi di di Purworejo sangat luar biasa. Dari alokasi yang diberikan, hampir terserap 100 persen atau sebanyak 99,97 persen,” kata Ilham Darmawan, perwakilan produsen pupuk PT Petrokimia Gresi, Jumat (31/1).

Dalam Rapat Koordinasi (Rakor) dan Penandatanganan Surat Perjanjian Jual Beli (SPJB) Kios Pupuk Bersubsidi di pendapa rumah dinas bupati Purworejo, Ilham Darmawan menjelaskan, bahwa dari alokasi yang diberikan untuk Purworejo, hampir terserap 100 persen. “Ini sekaligus menjadi capaian tertinggi jika dibandingkan kabupaten-kabupaten lainnya di Jawa Tengah,” jelasnya.

Pada kesempatan itu Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM meminta agar di Purworjeo tidak ada permainan dagang pupuk bersubsidi yang merugikan petani. “Jika terbukti ada yang menjual dengan harga yang tidak sesuai, kita akan bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk menindak tegas,” tandasnya.

Dalam Rakor yang juga dihadiri Komisi Pupuk dan Pestisida Kabupaten Purworejo, Produsen Pupuk Pusri dan Petrokimia, serta distributor se Purworejo dan OPD terkait Agus Bastian menjelaskan, bahwa pupuk bersubsidi ini harganya sudah ditentukan pemerintah.  “Jadi saya berharap semua pihak untuk membantu mengawal penyaluran pupuk bersubsidi ini,” katanya berharap.

Pupuk bersubsidi ini merupakan barang pengawasan yang pengadaan dan penyalurannya mendapat subsidi dari pemerintah, untuk kebutuhan di sektor pertanian. Sehingga jenis pupuk bersubsidi dan harga eceran tertinggi (HET) sudah ditentukan oleh Pemerintah. (Nar)

 

BERITA REKOMENDASI