Tingkatkan Kunjungan, Perbanyak Event untuk Berdayakan Warga Sekitar

MAGELANG, KRJOGJA.com – Selama dua hari, Kamis dan Jumat (19-20/12/2019), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama bersama Wamen Menparekraf Angela Tanoesoedibjo, melakukan kunjungan di sekitar Candi Borobudur. Hari pertama kemarin, sempat merasakan jeep jelajah Menoreh melewati tiga kabupaten, yakni Kulonprogo di DIY dan Purworejo serta Kabupaten Magelang di Jawa Tengah.  

Baca Juga: Siap – siap! Libur Nataru, Yogya Diprediksi 'Mbludak'

Sementara pada hari kedua tadi, ia lebih banyak berdiskusi dengan para pengelola dan pelaku pariwisata di sekitar Candi Borobudur. Melalui kunjungan ini, keduanya berharap mendapatkan masukan untuk penataan kawasan wisata sekitar Candi Borobudur, sebagai destinasi super priotiritas untuk dijadikan 'Bali Baru'. Pada hari kedua kemarin, keduanya mengunjungi Omah Mbudur yang berada di Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur. Di lokasi ini, wisatawan bisa belajar dan melihat kerajinan khas Borobudur yang bahannya dari limbah. Kemudian, kesenian tradisional dan pemandangan alamnya. 

Saat berada di Omah Mbudur, Wishnutama bersama Angela Tanoesoedibjo disambut pemiliknya Nuryanto. Mereka sempat melihat berbagai kerajinan dan menikmati sajian Tarian Soreng yang dibawakan para perempuan. “Apa yang Pak Nur (Nuryanto) lakukan sangat mendukung sekali kegiatan pariwisata dengan kemampuan ekonomi kreatif masyarakat setempat. Ada kerajinan tangan, kerajinan batik, seni tari, makanan, lukisan dan suasananya alam. Tujuan pariwisata selain memberian devisa buat negara juga memberikan manfaat buat masyarakat di sekitarnya. Apa itu, yang paling cepat dan bisa termanfaatkan adalah ekonomi kreatif sehingga memberikan kesejahteraan buat masyarakat di sekitarnya,” katanya. 

Saat disinggung perihal kualitas kerajian yang dihasilkan, kata dia, sudah bagus. Kemudian, untuk yang lainnya yang sudah bagus agar ditingkatkan menjadi lebib bagus lagi. “Tugas dari daripada Kemenparekraf untuk membantu mengemasnya, bisa menjualnya secara online nanti, bagaimana bisa memberikan brandnya, mempromosikannya, itu juga penting,” tegasnya. 

Terkait menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), Wishnutama berpesan khusus bagi para wisatawan saat menikmati libur nataru. "Kami sudah siap untuk menyambut liburan Natal dan Tahun Baru, tetapi yang terpenting juga para wisatawan dapat menjaga yang standar dulu kebersihan lingkungan hidup,” pintanya. 

Baca Juga: Hadapi Libur Nataru, Dirut KAI Cek Jalur Rel Lintas Selatan

Kepada wisatawan yang akan menikmati libur nataru. Selain menjaga kebersihan, ia juga perpesan agar menjaga dan jangan menimbulkan atau mengganggu alam sekitarnya. “Terus menjaga, jangan menimbulkan atau mengganggu alam sekitar, budaya dan sebagainya. Itu penting, jadi kita juga harus tetap menjaga dalam liburan itu. Yang penting juga tetap menjaga kearifan lokalnya, budaya dan alamnya. Ini saya sampaikan karena kadang suka lupa gitu. Suka remeh soal kebersihan pada hal itu hal penting, apalagi era sekarang dan kedepan ini,” pungkasnya. (Bag)

 

BERITA REKOMENDASI