Tingkatkan Produksi Pertanian, BMKG Buka SLI

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG, KRJOGJA.com – Untuk meningkatkan produktivitas pertanian, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menggelar Sekolah Lapang Iklim (SLI) di Desa Candisari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Rabu (30/01/2019). Total, BMKG telah menggelar SLI sebanyak lima kali diwilayah yakni Kecamatan Ngluwar, Grabag, Salaman, Kaliangkrik dan Kecamatan Windusari.

"Tujuan utama dari kegiatan hari ini, adalah untuk meningkatkan pengetahuan para petani tentang pemahaman iklim, suhu dan curah hujan. Dengan harapan, petani bisa meningkatkan produktivitas tanaman yang ditanamnya. Dahulu pada awalnya palawija, namun sekarang juga untuk holtikultura," kata Deputi Klimatologi BMKG, drs Herizal Msi di sela-sela pembukaan SLI dan Sosialisasi Agroklimat di Desa Candisari.

Dalam kegiatan yang dihadiri Anggota Komisi V DPR RI, Ir Sudjadi itu, pihaknya meminta warga untuk mewaspadai puncak musim penghujan. Hal ini mengingat puncak musim penghujan hingga akhir Februari. "Kita sampaikan beberapa kali bahwa musim hujan kita mundur. Untuk itu, puncaknya juga mundur. Bulan Januari dan Februari untuk lebih waspada. Puncaknya sampai dengan akhir Februari. Kita harus tetap waspada. Potensi banjir masih terjadi,” katanya.

Selain itu, masyarakat juga diimbau agar selalu mengecek informasi dari BMKG. Kemudian, bagi pemilik android bisa mendownload di play store tentang info BMKG yang setiap 3 jam sekali di-update. "Untuk lebih detailnya kita punya website yang bisa dilihat sampai kecamatan apa yang punya potensi,” pungkasnya.

Sementara Slamet, salah satu peserta pelatihan yang juga petani holtikultura dari Kecamatan Windusari, mengaku senang dan bagga dapat mengikuti pelatihan tersebut. "Terus terang pelatihan ini dapat menambah ilmu dan pengetahuan kami. Dengan begitu, kami bisa membaca iklim, suhu, curah hujan sehingga bisa menentukan kapan tanam dan tanam apa, sehingga hasil panennya bisa maksimal," imbuhnya. (Bag)

 

BERITA REKOMENDASI