Tipu Teller Minimarket, Bule Timur Tengah Gondol Jutaan Rupiah

Editor: Agus Sigit

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Dua orang yang diduga warga negara asing (WNA) berhasil mengelabuhi teller minimarket, Ida Grosir yang berada di Jalan Raya Bulu – Parakan Temanggung, Rabu (19/2). Pada aksi tersebut pelaku berhasil membawa uang jutaan rupiah. Polisi kini sedang memburu dua pelaku, berdasar rekaman cctv yang ada di lokasi.

Seorang teller, Eko Tiarumansyah mengatakan sore tersebut sekitar 18.00 WIB, mini market dalam keadaan sepi. Dua orang berperawakan tegap, seperti orang timur tengah dan berbahasa Arab, yang diduga WNA, masuk untuk berbelanja. Mereka membeli sejumlah barang di minimarket.

“Usai mengambil barang, lalu ke kasir yang saya jaga. Ada dua karyawan lain saat itu,” katanya, Jumat (21/2).

Dia mengemukakan setelah membayar barang yang diambil. Seorang dari mereka yang memakai topi pet mengemukakan sedang mencari uang pecahan ratusan ribu dengan nomor seri tertentu, untuk ditukar dengan uangnya. “Seorang pelaku meminta kami untuk mengeluarkan uang dari mesin kasir. Dia memakai bahasa arab,” katanya.

Dia menyampaikan ‘seakan terhipnotis’ lalu mengeluarkan pecahan uang ratusan ribu untuk menemukan nomor seri spesial seperti yang diminta pelaku. Saat mencocokan nomor seri itu, sebagian uang dikembalikan karena tidak memenuhi, sedangkan sebagian uang lagi dengan cepat dibawa pelaku, yang kemudian bergegas kabur menggunakan mobil yang diparkir tidak jauh dari minimarket.

“Kami baru sadar uang dibawa dua pelaku itu saat menghitung ulang uang yang dikeluarkan, total sekitar Rp 1,2 juta yang dibawa,” katanya.

Dia mengatakan berusaha mengejar pelaku tetapi sudah jauh, yang lalu melihat rekaman cctv. Hasil rekaman itu yang lalu diunggah ke media sosial, agar warga mengetahui dan berusaha mendeteksi keberadaan mereka, serta melaporkan pada pihaknya.

“Petugas kepolisian juga sudah datang, mereka meminta keterangan,” katannya.

Kasat Reskrim Polres Temanggung AKP Muhamad Alfan mengatakan petugas kepolisian telah melakukan olah tempat kejadian dan kini sedang melacak keberadaan kedua pelaku. ” Kejadian di minimarket termasuk pada penipuan, Warga yang mengetahui diharapkan segera melapor, ” katanya.

Dia menduga perbuatan tersebut tidak hanya dilakukan di Temanggung, Melihat kecakapan dan ketenangan saat beraksi diduga beraksi di sejumlah tempat, maka itu meminta warga yang menjadi korban untuk melapor polisi. ” Segera lapor jika menjadi korban pada pekerja minimarket atau teller untuk waspada, jangan sampai jadi korban,” katanya. (Osy)

 

BERITA TERKAIT