TKSK dan Bupati Temanggung Bantu Ponpes khusus ‘ODGJ’ Al Hidayah

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Memperingati hari jadi ke 12, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Temanggung menyerahkan bantuan sosial pada santri pondok pesantren (ponpes) Al Hidayat. Penyerahan bantuan pada pondok pesantren (ponpes) Al Hidayah, Rabu (13/10/2021) dilakukan oleh Bupati Temanggung Al Khadziq.

Ponpes di Desa Duren Kecamatan Bejen Temanggung yang diasuh KH Muhtarom (Abah Muhtar) selama ini mendedikasikan pada penyembuhan Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Telah ratusan ODGJ sembuh setelah dalam perawatan di Ponpes yang berdiri 1998 tersebut. Kini mereka mengasuh 9 ODGJ, dan 15 anak yatim piatu.

Pada kesempatan itu, Bupati Temanggung yang hadir tanpa terjadwal menyerahkan bantuan berupa uang tunai pada ponpes. Uang tersebut diharapkan dapat membantu dalam mengasuh santri.

Bupati Temanggung M Al Khadziq mengatakan, keberadaan ponpes Al Hidayah sangat membantu pemerinta, terutama Dinas Sosial dalam mengatasi ODGJ dan anak-anak yatim piatu. “Ponpes ini secara tidak langsung mengurangi beban pekerjaan Dinas Sosial dalam menangani ODGJ dan anak-akan yatim,” kata dia.

Bupati mengatakan kedepan pihaknya akan berusaha mencarikan solusi untuk membantu meningkatkan fasilitas di ponpes ini, sehingga perawatan yang dilakukan bisa lebih optimal. “Tentunya akan kami dorong, karena perannya sangat penting dalam menangani ODGJ, ini sangat membantu pemerintah,” katanya.

Sementara itu pengasuh Ponpes Al Hidayah Abah Muhtar menambahkan sejauh ini dirinya fokus melakukan perawatan ODGJ dan anak-anak yatim, setidaknya sudah ratusan lebih ODGJ yang berhasil disembuhkan. “Saya mulai sudah sejak 1998 lalu, kemudian semakin hari semakin bertambah pasien ODGJ,” tuturnya.

Ia menuturkan, selama ini memang masih mandiri, sama sekali belum pernah tersentuh oleh Pemerintah, baik itu Pemerintah Kabupaten Temanggung maupun Pemerintah Provinsi. “Baru tahun 2020 ini kami sudah mulai diakui oleh Pemerintah, padahal, saya mulai kegiatan seperti ini sudah sejak tahun 1998 lalu,” katanya.

Koordinator TKSK Temanggung Basori Setyawan mengatakan, dalam rangka hari jadi TKSK ke 12 ini sejumlah kegiatan sosial sudah dilakukan diantaranya bedah rumah, pendampingan terhadap ODGJ dan sejumlah kegiatan sosial lainnya. Puncaknya kata Basori, dilakukan di ponpes AL Hidayah Desa Duren Kecamatan Bejen dengan bakti sosial memberikan bantuan berupa, tempat tidur, peralatan kebersihan, pakaian dan sembako.

“Bantuan yang kami berikan ini memang belum bisa mencukupi sepenuhnya kebutuhan ponpes, tapi setidaknya bisa meringankan beban mereka,” harapnya Rabu kemarin.

Bantuan ini memang sengaja diberikan kepada ponpes AL Hidayah, dimana ponpes yang berada di ujung utara Kabupaten Temanggung ini merawat ODGJ dan anak-anak yatim piatu. “Ponpes ini berbeda dengan ponpes lainnya, ponpes ini merawat ODGJ secara mandiri,” katanya.

Harapan, kedepan pihaknya bisa mengandeng pekerja sosial lainnya untuk bisa memberikan bantuan kepada ponpes ini, selama ini ponpes Al hidayah memang sama sekali belum tersentuh oleh Pemerintah. “Harapan kami masayarakat lainnya juga ikut peduli, pekerja sosial lainnya juga bisa menyalurkan bantuannya,” harapnya. (Osy)

BERITA REKOMENDASI