TMMD Kodim Temanggung Selesaikan Jalan Ekonomi Desa

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – TMMD Sengkuyung tahap III ke 106 Tahun Anggaran 2019 Kodim 0706 Temanggung di Desa Samiranan Kandangan berhasil selesaikan proyek pembangunan betonisasi jalan dan gorong-gorong meski terkendala krisis air. Keberhasilan menyelesaikan TMMD tidak lepas dari peran serta semua pihak terutama masyarakat Desa Samiranan.

"TMMD kali ini sangat berat karena di musim kemarau dan mengalami krisis air, air harus didatangkan dari Kota Temanggung yang jaraknya cukup jauh," kata Komandan Kodim 0706 Temanggung Letkol David Alam usai penutupan TMMD, Kamis (31/10/2019).

Ia mengatakan air dibutuhkan selain untuk masak dan minum juga proses mengecor dan betonisasi. Maka itu pihaknya meminta pada BPBD dan PDAM untuk dapat memenuhinya agar TMMD selesai tepat waktu. "Jalan desa juga sangat dibutuhkan masyarakat untuk dimanfaatkan, sebagai jalan ekonomi yang berdampak peningkatan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Dia mengatakan sasaran TMMD kali ini berupa fisik dan non fisik, yakni betonisasi jalan sejauh 1,1 km dan gorong-gorong yang ada di sampingnya. Selain itu bedah rumah tidak layak huni sebanyak 4 rumah. Sementara sasaran non fisik berupa sosialisasi atau pengarahan dari instansi  terkait, seperti narkoba, kenakalan remaja, dan tertib berlalu lintas.

Dikatakan anggaran TMMD, total Rp 735 juta yang terdiri dari APBD Propinsi Rp 235 juta dan APBD Kabupaten Rp 500 juta. Tetapi realitasnya lebih dari yang dianggarkan sebab ada swadaya masyaraat dan dana desa.

"Setelah proyek selesai, besar harapan bisa dimanfaatkan dan di jaga agar awet. Selain itu ada percepatan pembangunan dan kesejahteraan rakyat," katanya. (Osy)

BERITA REKOMENDASI