TMMD Kodim Wonosobo Gelar Pengobatan Lansia

Editor: Ivan Aditya

WONOSOBO, KRJOGJA.com – Permasalahan di desa sangatlah komplek sekali mulai dari sarana dan prasarana yang belum memadahi, sampai dengan tingkat kesehatan masyarakat yang masing rendah. Melihat  permasalahan tersebut Kodim 0707 Wonosobo dan Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXVII bersama dengan Puskesmas 2 Kertek melaksanakan kegiatan Posbindu (Pos Pembinaan Terpadu) bertempat di Dusun Pagersampang Desa Pagerejo, Kamis (19/10/2017).

Ketua Persit Kartika Chandara Kirana Cabang XXVII Ny Ema Dwi Hariyono yang memimpin rombongan merasa senang sekali bisa bersilaturahmi dengan masyarakat luas sambil memberikan penyuluhan tentang pentingnya menjaga kesehatan. Kesehatan itu merupakan anugrah dari Tuhan, akan tetapi agar kesehatan tubuh ini selalu terjaga harus kita yang mengupayakan seperti pola hidup yang sehat dimulai dari makanan, istirahat yang cukup dan sebagainya.

“Seharusnya masyarakat yang hidup di desa harus lebih sehat dari pada yang hidup dikota.  Hal ini disebabkan masyarakat didesa dari segi makanan diusahakan sendiri artinya mereka menanam sendiri sehingga makanan yang dimakan sehat. Beda dengan orang kota, mereka  yang dimakan adalah makanan yang dibeli sehingga tidak tahu makanan itu bebas dari peptisida atau tidak,” jelasnya.

Petugas dari Puskesmas 2 Kertek Slamet Triono menyampaikan kegiatan Pospindu seperti ini dilaksanakan setiap 3 bulan sekali bergilir dari tiap dusun. Kegiatan saat ini bersamaan dengan TMMD Reguler sehingga sangat membantu sekali dalam rangka sosialisasi hidup sehat bagi warga masyarakat.

Slamet Triyono menyampaikan, penyakit yang diderita kebanyakan masyarakat Pagerejo adalah darah tinggi dan gatal. Untuk pemicu darah tinggi di desa disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat seperti mereka menjadi perokok berat. (*)

BERITA REKOMENDASI