TMMD Reguler Kedepankan Protokol Covid-19

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 109 di 47 lokasi seluruh Indonesia, dilaksanakan dengan mengedepankan protokol kesehatan covid-19. Penerapan protokol pencegahan penyakit itu bahkan merupakan prosedur awal yang dilaksanakan menjelang diterjunkannya prajurit ke daerah sasaran.

Penegasan itu disampaikan Asisten Personel (Aspers) Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Mayjen TNI Mulyo Aji MA, disela kunjungannya ke lokasi TMMD Kodim 0708 Purworejo di Desa Sedayu Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo, Selasa (13/10). Jenderal bintang dua itu juga menyebutkan apabila pasukan menjalani rapid test dengan hasil nonreaktif sebelum menjalankan tugas. “Pelaksanaan TMMD kali ini memang berbeda karena di tengah pandemi, namun kita sudah ada protokol kesehatan yang menjadi bagian dalam prosedur pelaksanaan program,” katanya menjawab pertanyaan KRJOGJA.com.

Menurutnya, protokol kesehatan tetap dilaksanakan secara ketat kendati program dilaksanakan di daerah hijau seperti di Desa Sedayu. Prajurit maupun warga yang bertugas membangun infrastruktur, mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak setiap menjalankan aktivitasnya.

Mayjen Mulyo meminta masyarakat memahami dan menerapkan prosedur itu. “Meski daerah hijau, protokol tetap nomor satu. Masyarakat harus paham pengetatan ini demi melindungi mereka dan orang yang datang dari penyakit,” tegasnya.

Masyarakat, katanya, harus sehat sehingga dapat segera menikmati hasil pembangunan yang dilaksanakan pasukan TNI, Polri dan warga. Dikatakan, TMMD memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. “Akses yang bagus membuat hubungan antarmasyarakat menjadi lebih baik, selain itu manfaat ekonominya pasti akan sangat besar,” ucapnya.

BERITA REKOMENDASI