TMMD Sengkuyung Bangun Jalan di Desa Guntur

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Kodim 0708 Purworejo melaksanakan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung I di Desa Guntur Kecamatan Bener. TNI rencananya akan membangun jalan rabat beton sepanjang 735 meter untuk menembus akses yang masih terbatas di desa itu.

Kegiatan tersebut dibuka Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM dengan penyerahan naskah serah terima pelaksanaan TMMD kepada Komandan Kodim 0708 Purworejo Letkol INF Lukman Hakim SSos MSi. “TMMD Sengkuyung adalah kegiatan rutin yang telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” kata Agus Bastian menjawab KRJOGJA.com, Rabu (03/03/2021).

TMMD, lanjutnya, sejalan dengan program pemerintah dalam percepatan dan pemerataan pembangunan di daerah. Terlebih, kata Bupati, pemkab terus menggenjot pembangunan infrastruktur demi meningkatkan daya saing daerah.

Menurutnya, TMMD mampu mendorong desa-desa sasaran menjadi lebih maju dibandingkan sebelumnya. Akses transportasi dan infrastruktur publik lain yang dibangun dinilai mampu mengungkit berkembangnya potensi ekonomi di desa. “Karena manfaat besar itulah pemkab tetap bersinergi dengan TNI untuk melaksanakan TMMD, meski saat ini masih ada pandemi,” ungkapnya.

Dandim Letkol INF Lukman Hakim SSos MSi mengemukakan, selain membangun infrastruktur, pasukan yang diterjunkan dalam TMMD di Desa Guntur akan berpartisipasi aktif dalam sosialisasi progra vaksinasi Covid-19. “Pelaksanaannya pun nanti akan menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” ujarnya.

Dikatakan, pelaksanaan TMMD di Desa Guntur dinilai tepat. Pasalnya, lanjut Lukman, pemerintah sedang membangun infrastruktur strategis Bendungan Bener. “Dengan adanya TMMD di Guntur masyarakat akan semakin terbuka, mereka tahu bahwa pemerintah memberikan perhatian lebih,” ucapnya.

Pemerintah mengalokasikan anggaran Rp 295 juta, bersumber dari APBD Jawa Tengah Rp 170 juta dan APBD Purworejo Rp 120 juta. Anggaran dialokasikan untuk membangun jalan sepanjang 735 meter dengan lebar 2,5 meter dan ketebalan 12 sentimeter.

Selain itu, TNI juga akan membangun talur sepanjang 154 meter dengan tinggi 1,5 meter dan lebar 30 sentimeter. Pasukan juga akan membangun poskamling berukuran 3 x 2 meter. (Jas)

BERITA REKOMENDASI