TNI Harus Di Barisan Terdepan Tangani Covid-19

Editor: KRjogja/Gus

TEMANGGUNG, KRJogja.com – Prajurit TNI di Korem 072 Pamungkas harus tetap teguh dan menjadi bagian barisan terdepan dalam penanganan serta pencegahan penularan Covid-19. Keterlibatan TNI selama ini telah sangat baik, namun harus ditingkatkan jangan sampai kendur.

” TNI harus lebih maksimal dalam mendisplinkan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran Covid-19,” kata Komandan Korem (Danrem) 072/Pamungkas Yogyakarta, Brigjen Ibnu Bintang Setiawan, ditemui saat meresmikan markas Koramil 15 Kledung, Jumat (6/11).

Dia mengatakan TNI melalui Babinsa telah terlibat dalam memberikan pengertian pada masyarakat akan pentingnya penerapan Protokol Kesehatan, seperti menjaga jarak, memakai masker dan rajin cuci tangan. Babinsa juga terlibat dalam proses pemakaman warga yang terpapar Covid-19, serta memberikan edukasi bahaya Covid-19.

Dikemukakan Covid-19 tidak akan hilang tapi pandeminya segera berlalu, dan bagi
Warga untuk tidak takut, dengan virus tersebut. Negara tengah mengusahakan vaksin Covid-19 yang kedepan segera dilakukan imunisasi massal. Namun yang terpenting adalah upaya pencegahan.

Dia mengatakan tugas TNI tidak hanya menghadapi Covid-19 saja, masih banyak permsalahan di masyarakat yang perlu keterlibatan TNI dalam membantu penyelesaian masalah. Sehingga personel TNI harus lebih aktif pula dalam membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

” Untuk di Kledung ini Danramil jangan hanya duduk-duduk di kantor melihat pemandangan gunung dari kantor saja, namun harus turun dan terjun langsung ke masyarakat. Apa yang menjadi kesulitan masyarakat harus dibantu,”pintanya.

Brigjen Ibnu Bintang Setiawan mengatakan Jumat tersebut meresmikan dua kantor Komando Rayon Militer (Koramil) di yakni di Kledung dan di Wonosobo.

Ia mengatakan, untuk wilayah teroterial Kodim 0706 Temanggung sendiri masih ada lima Kecamatan yang belum memiliki kantor Koramil, maka itu diharapkan peran serta dari pemerintah daerah (Pemda) setempat sehingga kedepan wilayah yang belum memiliki kantor Koramil segera ada.

Ia berharap dengan dibangunnya Koramil di wilayah kecamatan Kledung ini, akan lebih mempermudah koordinasi diantara pemangku kepentingan di tingkat Kecamatan, sehingga akan lebih mudah dalam memantau kondisi di tingkat Kecamatan.

Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo mengatakan dari 20 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Temanggung, masih ada lima Kecamatan yang belum memiliki koramil. Kelimanya yakni Kecamatan Bansari, Tretep, Selopampang, Tlogomulyo dan Kecamatan Gemawang.

 

BERITA REKOMENDASI