TNI-Polri Membantu Vaksinasi Booster di Temanggung

Editor: Agus Sigit

TEMANGGUNG, KRjogja.com – TNI – Polri melalui Bhabinkamtibmas dan Babinsa membantu mempercepat capaian vaksinasi Covid-19 terutama booster di Temanggung. Mereka terjun langsung ke masyarakat guna memberikan pemahaman pentingnya vaksinasi Covid-19.

Dengan ajakan Bhabinkamtibmas dan Babinsa, warga menjadi antusias untuk mendapatkan suntikan vaksin Covid-19, tidak terkecuali booster.

Kapolres Temanggung AKBP Agus Puryadi mengatakan cakupan vaksinasi Covid-19 di Temanggung terus dipacu, terutama suntikan dosis ketiga yang disebut pula booster.

“Vaksin booster tersedia, maka itu petugas terus berupaya untuk meningkatkan cakupan dengan lebih banyak lagi warga mendapat suntikkan vaksin Covid-19,” kata AKBP Agus Puryadi, Jumat (22/7).

Kapolres AKBP Agus Puryadi mengatakan Polri dan TNI mendapat perintah untuk menyukseskan program penanganan Covid-19, yang diantaranya mengajak warga untuk mendapat suntikan vaksin Covid-19.

Suntikkan vaksinasi pada warga, kata dia, berupa vaksinasi suntikan dosis pertama, kedua dan ketiga Petugas melakukan pendekatan humanis dalam sosialisasi. Tidak ada pemaksaan kada vaksinasi ini namun penyadaran.

Sasaran vaksinasi disampaikan dia, adalah anak-anak, remaja dan orang tua bahkan lansia. Namun hanya orang yang memenuhi persyaratan atau lolos skrening kesehatan yang bisa mendapatkan vaksinasi.

Dia mengemukakan Polres Temanggung mendapatkan sejumlah jenis vaksinasi pada warga. Vaksin itu seperti Sinovac, Astra Zeneca, Moderna, Pfizer dan Covovax. Vaksin tersebut dipergunakan pula untuk booster.

“Keseluruhan yang telah disuntikkan sekitar 92 ribu dosis,” kata dia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung dr Intan Pandanwangi mengatakan perlunya vaksinasi booster untuk mempertebal imun tubuh bagi yang mendapat vaksinasi dosis pertama dan kedua. “Apalagi kini vaksinasi ketiga atau booster menjadi persyaratan perjalanan,” kata dia.

Dia mengatakan petugas terus gencarkan vaksinasi baik dosis pertama, kedua dan ketiga atau booster. Vaksin untuk booster tersedia banyak untuk gerakan vaksinasi Covid-19 suntikan ketiga.

Ketua DPRD Kabupaten Temanggung Yunianto mengapresiasi keterlibatan Polri dan TNI dalam vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Temanggung.

“Keterlibatan TNI dan Polri sangat bagus sehingga capaian vaksinasi sangat tinggi,” kata dia.

Dikatakan DPRD dalam berbagai kesempatan terus sosialisasi perlunya vaksinasi Covid-19 pada masyarakat agar pandemi di Indonesia segera berakhir.

“Pembahasan anggaran dalam penanganan Covid-19 juga mendapat pencermatan agar tidak salah sasaran dan optimal,” kata dia. (Osy)

 

 

Petugas menyuntikkan vaksin pada petugas medis

BERITA REKOMENDASI