Tokoh Agama dan Masyarakat Temangung Dukung Imunisasi Covid-19

Editor: Ivan Aditya

TEMANGGUNG, KRJOGJA.com – Kapolres Temanggung AKBP Benny Setyowadi MSi mengatakan diperlukan dukungan semua pihak terutama tokoh agama dan masyarakat dalam vaksinasi Covid-19 untuk dapat sesuai target yang diharapkan. Setelah tahap pertama selesai, akhir Februari rencana dimulai tahap kedua.

“Vaksinasi perlu dukungan semua pihak agar berhasil, lekas tercipta Herd Immunity dan pandemi Covid-19 segera berakhir,” kata Benny Setyowadi, Sabtu (20/02/2021).

Benny Setyowadi mengatakan pada tahap kedua, sasaran vaksinasi adalah pelaku sektor pelayanan publik, seperti TNI, Polri, ASN, pedagang dan pelaku jasa transportasi. Dukungan dan keterlibatan aktif tokoh agama dan masyarakat diperlukan baik dalam mengedukasi masyarakat serta memberi contoh agar mereka mau divaksin.

Dukungan dan keterlibatan tokoh selalu disampaikan pada berbagai kesempatan. Diantaranya silaturahim bertajuk ‘Cakruk Bareng Toga Tomas bersama Kapolres’ untuk membahas berbagai permasalahan sosial kemasyarakatan dan alternatif penyelesaiannya di kabupaten tersebut, di Mapolres Temanggung, Jumat malam (19/02/2021).

Pada kesempatan itu, lanjut dia, juga dibahas berbagai isu atau permasalahan sosial. Penyelesaian segera diperlukan agar tidak meluas dan masyarakat kembali produktif serta kondusifitas terjaga.

Sejumlah tokoh hadir dalam acara tersebut, diantaranya ketua MUI KH. Yaqub Mubarrok, Ketua PD Muhammadiyah KH As’ari Muhadi, Ketua PCNU KH M Furqon Mashuri, Ketua FKUB H Ahmad Sholeh dan Rektor Stainu Dr HM Baihaqi.

Dandim 0706 Temanggung Letkol CZi Kurniawan Hartanto mengatakan penanganan pandemi Covid-19 perlu keterlibatan semua orang agar segera berakhir atau dikendalikan, sehingga pelaksanaan taraweh pada bulan Ramadhan nanti bisa dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Pemerintah kata dia, sudah melaksanakan identifikasi penyebaran Covid-19 di tiap wilayah sampai di tingkat RT dan RW serta dilaksanakan PPKM Skala Mikro. Apabila dapat mempertahankan kondisi ini pada saat nanti bulan puasa bisa melaksanakan Sholat taraweh dengan lebih tenang. ” Mohon kesediaan alim ulama untuk mensukseskan program pemerintah yaitu vaksinasi sehingga dapat memberikan kekebalan secara umum dari virus Covid 19 ini,” kata dia.

KH Yaqub Mubarok mengatakan masyarakat sudah kangen dengan acara kumpul-kumpul dan ceramah yang biasanya diikuti jamaah dalam jumlah banyak, utamanya yang dilaksanakan menjelang bulan Ramadhan. ”
Anak cucu kita sudah gelisah karena lama tidak sekolah yang dikarenakan Pandemi Covid 19,” kata dia.

Dia mengemukakan banyak kiai yang sudah siap untuk divaksin, sebab sadar bahwa vaksinasi ini sangat penting untuk menciptakan herd immunity dan mengakhiri pandemi Covod-19. ” Ulama dan tokoh masyarakat siap dan terus memberi pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya vaksinasi covid-19, dan penerapan prokes,” kata dia sembari mengemukakan semangat untuk menjaga kondusivitas yang telah baik di Temanggung. (Osy)

BERITA REKOMENDASI