TPA Kaligending Disulap Menjadi Taman Indah

Editor: Ivan Aditya

KEBUMEN KRJOGJA.com – Selama tiga tahun sejak 2019 sampai 2021 mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen 'menyulap' lokasi bekas tempat pembuangan sampah sistem terbuka ('open dumping') di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kaligending menjadi taman yang indah.

"Dengan kondisinya yang indah, taman itu bisa sebagai tempat rekreasi bagi masyarakat. Jadi nantinya masyarakat tak lagi melihat suatu kondisi yang kurang bagus di TPA Kaligending ," ujar Kepala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkimlh) Kebumen, Edi Rianto MT, di ruang kerjanya, Kamis (12/12/2019).

Baca juga :

Keberadaan Desa Tangguh Bencana Dioptimalkan
Ketersediaan Kebutuhan Pokok Jelang Nataru Tercukupi

Menurut Edi pembuatan taman tahap pertama sudah selesai dikerjakan di tahun 2019, kemudian akan dilanjutkan tahun 2020 dan 2021 mendatang. "Taman yang selesai dibuat di tahun 2019 ini sudah bisa dikunjungi oleh warga masyarakat. Apalagi dilengkapi dengan beberapa fasilitas permainan anak-anak," ujar Edi.

TPA Kaligending yang berada di Desa Kaligending Kecamatan Karangsambung Kebumen sejak tahun 2017 lalu sudah menggunakan sistem 'controled landfill' atau pembuangan dan pengolahan sampah yang ramah lingkungan. Sebelumnya, digunakan sistem 'open dumping' yang sering memunculkan masalah pencemaran bagi lingkungan sekitarnya.

"Pembenahan terus kami lakukan sehingga benar-benar menjadi TPA ramah lingkungan seperti yang diwacanakan. Gas methan yang dihasilkan misalnya, nantinya bisa dikelola optimal agar bisa dimanfaatkan warga sekitar sebagai bahan bakar untuk memasak," papar Edi.

TPA ini juga diwacanakan sebagai obyek wisata edukasi atau tempat masyarakat bisa belajar tentang pengelolaan TPA, pengolahan sampah, pemanfaatan gas methan dan berbagai informasi lainnya. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI