TPS di Kebumen Sediakan Bilik Khusus Penderita Demam

Editor: Ivan Aditya

KEBUMEN, KRJOGJA.com – Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Kebumen Tahun 2020 berlangsung lancar di 3.155 TPS (tempat pemungutan suara) di 460 desa/kelurahan 26 kecamatan di Kebumen, Rabu (09/12/2020).

Ketentuan protokoler kesehatan Covid-19 benar-benar diterapkan dalam pelaksanaannya, baik oleh petugas TPS maupun para pemilih. Seperti kewajiban memakai masker bagi semua petugas maupun pemilih, penyediaan tempat cuci tangan, sarung tangan plastik, kertas tisu dan bilik – bilik suara yang jaraknya berjauhan, juga disediakan bilik suara khusus bagi pemilih penderita demam tinggi atau yang bersuhu tubuh di atas 37 derajat.

“Bilik suara khusus ini untuk pemilih yang sedang demam dengan suhu tubuh lebih dari 37 derajat,” ujar Eko Yuli, petugas TPS 02 RW II Desa Kutosari Kebumen, sambil menunjuk bilik suara yang bagian atas dan sampingnya ditutupi plastik putih trsansparan yang diletakkan di bagian depan TPS.

Berdasarkan pantauan di sejumlah TPS di Kebumen, tak ditemukan kerumunan warga di lokasi TPS. Menurut Puas Suswanti SPd, salah satu anggota KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) di Kebumen, tak adanya kerumunan warga disebabkan pemilih datang secara bertahap sesuai giliran waktu yang tercantum dalam surat undangan masing-masing. Setelah menyelesaikan hak pilihnya rata-rata mereka langsung meninggalkan area TPS.

Pilbup Kebumen yang hanya diikuti oleh calon tunggal yaitu pasangan H Arif Sugiyanto SH – Hj Ristawati Purwaningsih MM, hingga Rabu sore pukul 15.00 WIB, di tingkat KPPS belum menyelesaikan proses penghitungan suara. KPU Kebumen juga belum mengeluarkan hasil penghitungan suara sementara. (Dwi)

BERITA REKOMENDASI