TPS3R Bank Samiun Sampah Jadi Berkah

KEBUMEN KRJOGJA. com- Pengolahan sampah secara maksimal akan berdampak peningkatan ekonomi bagi masyarakat Kelurahan/Desa. Salah satu program unggulan pengolahan sampah rumah tangga Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (PerkimLH) Kabupaten Kebumen adalah mengatasi persoalan sampah yang semakin tinggi volumenya.

Tempat Pengolahan Sampah Reduce Reuce dan Recycle (TPS3R) Bank Sampah Samiun Kelurahan Kebumen Kecamatan Kebumen salah satu penerima program dari Dinas PerkimLh. “Kami berusaha memaksimalkan pengolahan dan pemilahan sampah dari organik dan nonorganik diolah menjadi barang atau bahan yang bernilai ekonomi,” jelas Direktur TPS3R Bank Sampah Samiun Pitra Suwita, dalam siaran pers, Minggu (22/11/20).

Menurutnya sampah organik diolah menjadi kompos atau media tanam. Sedang nonorganik menjadi kerajinan. Selain hasil sampah nonorganik bisa buat membayar PBB di Kelurahan Kebumen, Ibu-ibu PKK bisa memanfaatkan untuk membuat kerajinan tas, lampion, bunga plastik dan lain-lain.

BERITA REKOMENDASI