Trailer Mogok Tutup Akses Purworejo – Magelang

Editor: Ivan Aditya

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Truk trailer bermuatan 40 ton baja mogok dan melintang di Jalan Raya Purworejo – Magelang Desa Kalijambe Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo, Jumat (22/12/2017). Badan kendaraan menutup akses utama itu sehingga lalu lintas tersendat.

Truk bernomor polisi B -9040-FOM tidak kuat menanjak di tanjakan Kalijambe – Margoyoso. Truk mundur dan sopir membanting kemudi ke kiri hingga keluar jalan. "Truk melintas pukul 00.00, lalu tidak kuat dan mundur," ujar warga Kalijambe, Mei Sumarno, kepada KRJOGJA.com.

Hanya sepeda motor yang bisa melewati jalan itu secara bergantian. Sementara mobil dan truk tertahan. Sebagian pengemudi memutar balik kendaraan melewati beberapa jalur alternatif.

Sopir truk trailer warga Kebumen, Bambang mengaku sudah biasa membawa kendaraan bertonase berat lewat jalur Purworejo – Magelang. Muatan yang dibawa, katanya, juga tidak terlalu berlebih.

Truk dalam perjalanan dari Bekasi tujuan Muntilan Magelang. "Sampai Kalijambe, tiba-tiba hujan lebat menyebabkan roda selip tidak bisa menanjak, akhirnya mundur. Ada mobil di belakang truk, untuk menghindari korban, saya banting kemudi hingga trailer melintang jalan," terangnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Purworejo AKP Himawan Aji Angga SH SIK mengemukakan, trailer berhasil dievakuasi setelah hampir 12 jam mogok, dengan ditarik dua truk besar. Puluhan anggota Satlantas Polres Purworejo membantu mengurai arus kendaraan.

Menurutnya, ada beberapa aksss alternatif yang dapat dilalui pengguna jalan apabila terjadi kemacetan di wilayah Kalijambe. "Apabila ada peristiwa serupa, pengguna jalan bisa lewat Salaman – Ngasinan Bener, Salaman – Kepil – Maron atau lewat jalur Wates," tandasnya. (Jas)

BERITA REKOMENDASI