Tren Generasi Muda Kunjungi Museum Meningkat

Editor: KRjogja/Gus

PURWOREJO, KRJOGJA.com – Tren kunjungan ke museum di Kabupaten Purworejo mengalami pergeseran sejak dua tahun terakhir. Generasi muda dan warga berusia remaja lebih sering mengunjungi museum, dibandingkan kelompok usia lainnya. Fenomena itu terjadi seiring semakin tingginya pemanfaatan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelum tahun 2019, kunjungan ke museum didominasi anak usia PAUD, TK, hingga SD. Sekolah membuat program kunjungan ke Museum Tosan Aji Purworejo secara rutin. Namun, tren bergeser memasuki 2019 – 2020. “Dua tahun terakhir, yang berkunjung kebanyakan adalah anak muda, juga berbagai komunitas yang ada di Purworejo dan sekitarnya,” tutur Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Purworejo Agung Wibowo, usai memberi materi Sosialisasi Museum Tosan Aji di aula museum itu, Rabu (28/10) siang.

Pergeseran tren juga dipengaruhi pandemi Covid-19 sejak awal tahun 2020. Anak PAUD hingga SD melaksanakan pembelajaran secara terbatas dan menghapus kegiatan kunjungan demi mencegah potensi penularan.

Namun, di sisi lain, kata Agung, generasi mulai usia SMP hingga SMA, banyak yang memanfaatkan museum untuk wahana belajar. “Sebagian juga menjadikan museum objek untuk kebutuhan media sosial mereka,” ucapnya.

Peluang tersebut akan dimanfaatkan pemerintah untuk memperkuat jati diri bangsa kepada para generasi muda. “Ini kesempatan yang baik, anak-anak muda mau ke museum untuk belajar sejarah bangsanya. Pemahaman mereka tentang bagaimana bangsa ini berdiri, akan selalu terjaga, salah satunya dengan berkunjung ke museum,” kata Agung.

BERITA REKOMENDASI