Tren Penularan Covid-19 Melambat, Tetap Waspada!

Editor: KRjogja/Gus

WONOSOBO, KRJOGJA.com – Terus meningkatnya warga dinyatakan reaktif yang terjaring dalam rapid test di pasar-pasar tradisional maupun hasil pelacakan terhadap warga kontak erat dengan pasien positif virus korona (Covid-19), membuat potensi penyebaran virus korona (Covid-19) di Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah (Jateng) masih tinggi. Meski demikian dalam beberapa pekan terakhir mulai terjadi tren perlambatan penularan, namun demikian masyarakat tetap diminta waspada.

“Meski jumlah akumulatif positif Covid-19 berpotensi terus bertambah, namun secara umum mulai terjadi tren perlambatan pola penularan. Semoga saja, tren perlambatan pola penularan bisa terus berlanjut dan potensi penularan terus melemah,” ungkap Pasi Ops Kodim 0707 Wonosobo Kapten Czi Sarwiyono, Selasa (9/6/2020), usai melepas patroli gabungan yang terus digencarkan jajaran TNI Kodim 0707 bersama Polres Wonosobo, Satpol PP, dan instansi terkait lainnya, dengan sasaran pemaiakan masker bagi masyarakat luas, terutama bagi para pengguna jalan raya.

Sekali lagi, pihaknya mengingatkan, meski terjadi penurunan tren penularan Covid-19 di daerah, namun pihaknya meminta seluruh lapisan masyarakat tetap waspada karena portensi penularan masih ada. Jangan sampai mengabaikan protokol kesehatan, karena sejauh ini masih ditemui masyarakat yang enggan memakai masker dengan berbagai alasan.

“Hampir setiap hari masih ditemukan warga yang abai tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Semoga saja patroli gabungan ini bisa membuahkan hasil, sehingga bisa membangun budaya baru masyarakat yang tertib dalam melaksanakan protokol kesehatan,” tandasnya.

Untuk itu, Kapten Sarwiyono, meminta warga masyarakat bisa lebih mentaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan, seperti tetap berada di rumah, mengurangi interaksi fisik dengan warga lain atau jaga jarak, mengenakan masker ketika beraktivitas di luar rumah, serta disiplin menjaga kebersihan dengan cuci tangan pakai sabun setiap beraktivitas. (Art)

 

BERITA REKOMENDASI